Sukses

Ingin Menjadi Jutawan di Usia Muda, Ikuti Taktik Ini

Liputan6.com, Jakarta Menjadi jutawan, tentunya semua orang menginginkannya, tidak peduli pada batasan usia. Namun ketika Anda masih muda maka jalan untuk menjadi jutawan akan jauh lebih mudah saat berusia 20-an. Sebab saat itu, seseorang masih memiliki banyak energi dan kemampuan.

Tentunya tidak ada ‘formula rahasia’ untuk mengumpulkan atau menjadi kaya. Sebab hanya dengan kerja keras dan mengejar mimpilah maka seseorang bisa menjadi jutawan.

Seperti jutawan berusia 28 tahun ini yang mengatakan pada dirinya sendiri bahwa, “saya akan berhasil atau gagal total pada saat saya berusia 30 tahun.”

Rasa takut tidak memiliki pekerjaan, tabungan, investasi dan tidak ada pilihan untuk pensiun lebih awal membuat jutawan tersebut termotivasi.

Melansir dari CNBC, Kamis (16/10/2020) berikut 10 aturan keuangan yang membantu jutawan berusia 28 tahun tersebut untuk bisa mencapai kekayaan bersih USD 1 juta pada usianya, yang bisa Anda ikuti:

1. Tetap fokus di sekolah

Bermalas-malasan di sekolah tidak akan membawa Anda kemana-mana. Manfaatkanlah sekolah dengan baik karena Anda sudah membayar mahal untuk pendidikan.

Banyak orang yang bersikeras bahwa nilai tidak penting, tetapi hal tersebut tidak akan mengubah persaingan pasar kerja.

Meskipun beberapa perusahaan akan memberitahu bahwa ‘IPK bukanlah prioritas utama’ namun bukan berarti mereka tidak akan melihatnya. Mendapatkan IPK tinggi bisa membantu mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, tetapi tetap saja tidak mudah.

2. Bekerja keras dan ketahui tempat Anda

Bekerja keras sama sekali tidak membutuhkan keterampilan. Bekerjalah lebih awal dan selesai bekerja paling akhir maka Anda akan mendapatkan rasa hormat dari teman-teman, sehingga atasan atau bos yang melihat etika kerja keras Anda pun akan menyelamatkan pekerjaan Anda.

3. Pertimbangkan strategi agresif dan konservatif

Jutawan tersebut menyarankan untuk membuat lebih banyak taruhan yang berisiko tinggi, sehingga Anda bisa mendapatkan kemenangan yang lebih besar untuk sebagian kecil portofolio.

Jangan menjadi gila dan menghabiskan semua uang yang dimiliki, tetapi bersiaplah untuk bereksperimen dengan strategi investasi yang agresif. Tentunya harus mengingat juga dengan risiko yang akan terjadi.

4. Jadikan properti sebagai sahabat Anda

Jadikanlah tujuan untuk memiliki tempat tinggal utama segera setelah mengetahui ingin tinggal di mana. Dari properti bisa menghasilkan aliran pendapatan yang luar biasa dan stabil tentunya.

 

 

2 dari 3 halaman

Aturan keuangan selanjutnya

5. Hiduplah seperti Anda lebih miskin dari yang sebenarnya

Seharusnya semakin kaya maka semakin hemat dan rendah hati. Buanglah ego Anda untuk hal-hal yang tidak diperlukan atau untuk dipamerkan kepada orang lain. Tidak perlu malu untuk menjadi muda dan miskin.

6. Mulailah pekerjaan sampingan

Menghasilkan uang bisa dengan bekerja penuh waktu, separuh waktu ataupun bisnis. Seiring berjalannya waktu siapa tau pekerjaan sampingan Anda bisa menjadi bisnis besar yang akan menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada pekerjaan penuh waktu Anda.

7. Bangun jaringan pendukung yang kuat

Untuk bisa maju, Anda harus membangun jaringan sebanyak mungkin. Menjadi pekerja keras saja tidak cukup. Anda bisa memulai dengan berbicara kepada orang lain, menunjukkan minat pada mereka dan membuat mereka menyukai Anda.

Begitu memiliki seseorang di pihak Anda yang memiliki kekuatan signifikan, maka tenang saja seluruh karir Anda akan maju lebih cepat.

8. Berinvestasilah dalam pendidikan

Otak adalah asset terbesar semua orang. Memiliki pendidikan yang kuat adalah harta yang paling berharga yang dimiliki, sehingga teruslah mengembangkan pengetahuan. Di era sekarang internet pun bisa membantu Anda untuk mempelajari hampur semua hal secara gratis.

9.  Pantau kemajuan 

Perlu diketahui bahwa jumlah uang yang Anda hemati lebih penting daripada jumlah uang yang dihasilkan. Manfaatkan alat keuangan online yang gratis, lalu lacak arus kas, analisis portofolio investasi, hitung kebutuhan finansial di masa pensiun, tetap ikuti perkembangan keuangan. Sehingga Anda dapat mengoptimalkan kekayaan sepenuhnya.

 

Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: