Sukses

Hari Kopi Internasional, Inilah 5 Kopi Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Kopi bukan hanya minuman, namun saat ini juga berkaitan dengan perasaan. Kopi memiliki banyak jenis dan rasa. Sebut saja cappuccino, latte, affogato atau americano diantaranya. Adapula kopi robusta, arabika dan lainnya.

Aroma kopi yang enak bisa langsung menarik perhatian pecinta kopi meskipun dari jarak yang jauh. Untuk yang benar-benar pecinta kopi, adalah sebuah kewajiban untuk meminumnya setiap hari demi mengatur suasana hati.

Banyak orang juga kerap meneliti dan mencoba berbagai jenis rasa kopi sampai menemukan biji kopi yang terbaik yang sesuai lidah mereka dan kantong.

Namun tahu tidak, jika tepat hari ini 1 Oktober 2020 adalah Hari Kopi Internasional. Hari Kopi pertama kali diperingati pada tanggal 1 Oktober 2015 oleh Organisasi Kopi Internasional di Milan. 

Bicara tentang harganya, pernahkah Anda terbayang dan berpikir kopi apa yang paling mahal di dunia?

Mengutip dari Businessinsider, Kamis (1/10/2020) inilah jajaran kopi yang disebut-sebut paling enak dan mahal dari seluruh dunia:

1.  Kopi Luwak

Paling banyak ditemukan di Indonesia tepatnya Pulau Bali. Kopi Luwak menjadi salah satu kopi termahal di dunia yang terbuat dari kotoran, atau lebih tepatnya terbuat dari biji kopi yang telah dikonsumsi oleh hewan musang.

Pada dasarnya, biji kopi diumpankan ke musang, kemudian hewan tersebut mencerna dan kembali membuang sebagai kotoran. Kotorannya kemudian dikeringkan, dibuang dan diolah menjadi Kopi Luwak. Dijual dengan harga USD 600 per pon.

 

 

2 dari 3 halaman

Kopi mahal selanjutnya

2.  Kopi Hitam Gading

Inilah kopi lain yang sangat langka dan istimewa. Kopi Gading Hitam terbuat dari kotoran gajah. Gajah diberi makan ceri kopi arabika sehingga asam lambung mereka memecahnya untuk menambah rasa.

Disajikan di restoran berbintang Michelin dan hotel terbaik di seluruh dunia. Satu kg Kopi Gading Hitam dapat mencapai USD 2.000.

3. Kopi Spesial Esmeralda

Dibudidayakan dari Gunung Baru di Panama, Kopi Spesial Esmeralda adalah kopi lain yang populer dan mahal. Mereka bahkan menggunakan ampas kopi sebagai pupuk.

Kopi ini sangat langka di mana, pelelangan diadakan di Hacienda La Esmeralda setiap tahunnya. Dalam aksi lelang yang terakhir berlangsung pada tahun 2020, terjual 50 kotak. Harganya mulai dari USD 6.000 dan naik menjadi USD 11.800.

4. Kopi St Helena

Dari tempat peristirahatan Napoleon muncul kopi ini, yang diyakini berasal sejak tahun 1731. St Helena adalah pulau tropis vulkanik terpencil di Selatan Samudra Atlantik.

Harga biji kopi bourbon sekitar USD 145 per pon. Pada tahun 2016, starbucks mulai menjual Kopi St Helena dan menjadi salah satu kopi termahal di menu mereka.

5. Kopi Finca El Injerto

Dengan harga USD 500 per pon, Kopi Finca El Injerto adalah pemenang penghargaan kopi dari Guatemala. Kopi dibuat dari biji kecil yang langka. Sudah ada sejak tahun 1900 dan pertanian ini dikelola oleh generasi keempat keluarga Aguirre.

 

Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: