Sukses

Positif Covid-19, Begini Kondisi Terbaru Menteri KKP Edhy Prabowo

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dikabarkan positif terpapar virus Covid-19. Disebutkan dalam pesan berantai, Edhy dirawat di RS Polri di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Tertulis, kondisinya semakin menurun sehingga perawatannya dipindahkan ke RSPAD Gatoet Soebroto. Dirinya juga masuk ke ruang ICU dan dipasang ventilator untuk nafas dan sonde untuk makanan.

Menanggapi kabar yang simpang siur tersebut, Staf Khusus Menteri KKP Andreau Pribadi menyatakan kondisi sang menteri dalam keadaan yang sangat baik.

"Pak MKP (Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo) saat ini sudah sangat baik. Kondisinya saat ini sedang dalam tahap recovery," ujar Andreau saat dimintai keterangan, Rabu (16/9/2020).

Andreau juga bilang kalau Edhy Prabowo bisa berkomunikasi dengan baik, baik secara langsung maupun melaluk telepon dan media sosial seperti WhatsApp.

"Bisa komunikasi dengan baik, baik komunikasi langsung ataupun melalui telfon or (atau) WA," kata Andreau.

Komisi IV DPR RI membenarkan kabar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo positif Covid-19. Hal ini diungkapkan langsung Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan. Diketahui, Komisi ini merupakan mitra kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dia memperoleh informasi tersebut dari staf KKP sekitar tanggal 3 September 2020."Iya (positif Covid-19). Saya mendapat kabar dari staf KKP. Dan info yang saya dapat kondisinya sehat. Saya dapat infonya 3 September, tapi tanggal pastinya harus tanya langsung," kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020) lalu.    

2 dari 4 halaman

Menteri KKP Edhy Prabowo Positif Covid-19

Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan membenarkan informasi terkait Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang dikabarkan positif covid-19.

“Iya (Menteri Edhy Prabowo Positif covid-19), saya mendapat kabar dari staf Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020).

Ia mengaku mendapat informasi tersebut pada 3 September 2020. Setelah mendapat kabar, dirinya langsung menghubungi Menteri Edhy Prabowo melalui whatsapp untuk memastikan keadaannya.

“Saya dapat infonya 3 September tapi tanggal pastinya harus tanya langsung. Saya langsung WA Bang Edhy, tapi tidak secara langsung menanyakan hal itu, hanya mendoakan agar selalu sehat dan lancar, Dijawab amin terima kasih pak ketua, ” jelasnya.

Demikian Ketika ditanya lebih lanjut apakah dirinya menanyakan kembali kabar Menteri Edhy Prabowo, Daniel mengatakan sejauh ini dirinya belum menghubungi langsung lagi.

“Belum, biar kita kasih masa tenang 2 minggu dulu,” ujarnya.

Selain itu, sebelumnya Daniel tidak pernah bertegur sapa langsung dengan Menteri Edhy Prabowo Ketika di DPR, karena banyak komunikasi dilakukan secara virtual.

Maka dari itu, pihaknya aman tidak ada kemungkinan terpapar covid-19. “Kebetulan tidak, karena saya biasa secara virtual,” pungkasnya. 

3 dari 4 halaman

Ketua Komisi IV DPR: Menteri Edhy Prabowo Tak Hadir Rapat karena Belum Sehat

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dijadwalkan rapat kerja (raker) dengan komisi IV DPR RI pada Selasa ini. Salah satu agenda raker tersebut adalah evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2020 dan rencana anggaran 2021. 

Namun, rapat yang dipimpin oleh ketua komisi IV Sudin ini tidak dihadiri oleh Menteri Edhy Prabowo karena masih dalam perawatan. Sebelumnya Menteri Edhy Prabowo dikabarkan positif Covid-19 usai kunjungan kerja ke Kalimantan Timur pada 1-2 September 2020.

Tak hanya Menteri Edhy Prabowo, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Aryo Hanggono dan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Dan Perikanan Artati Widiarti juga tak hadir dalam rapat kali ini.

“Sebelum mulai, saya menerima 3 pucuk surat kuasa. Pertama ditandatangani oleh Menteri KKP Edhy Prabowo, kuasanya ditujukan kepada Antam Novambar untuk menghadiri rapat kerja hari ini,” ujar Sudin di ruang rapat komisi IV, Selasa (15/9/2020). Antam Novambar merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selanjutnya, Aryo Hanggono diwakilkan kepada Agus Dermawan yang merupakan Plt. Sekretaris Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP.

Sedangikan Artati Widiarti memberikan surat kuasa kepada Berny Achmad Subki yang merupakan Sekretaris Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP.

“Saya rasa kita semua menyetujui surat kuasa ini ya, karena yang bersangkutan masih belum sehat. Insha Allah rapat kerja yang akan datang ketiganya bisa menghadiri rapat kerja,” kata Sudin melanjutkan rapat yang kemudian dilakukan secara terbuka.

Sebelum pemaparan, Sekjen KKP Antam Novambar juga meminta doa agar para koleganya di KKP termasuk Menteri Edhy Prabowo yang sedang sakit segera disembuhkan.

"Semoga para sahabat kita yang sakit segera diangkat penyakitnya dan kita-kita yang di sini berdoa semoga dijauhkan dari marabahaya. Amin," tuturnya. 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: