Sukses

Niat Berencana Pensiun Dini? 2 Cara Bisa Ditiru

Pensiun dini memang jarang dilakukan oleh orang zaman sekarang, tapi mungkin Anda berniat pensiun dini.

Liputan6.com, Jakarta Pensiun biasanya dilakukan saat seseorang berumur 60 sampai 70 tahun. Akan tetapi jika Anda merasa lelah dan ingin menikmati kehidupan sepenuhnya di masa muda, Anda bisa mempersiapkan sejak dini untuk pensiun.

Dengan pensiun dini, Anda harus siap secara materi untuk menikmati sisa hidup. Ada beberapa cara yang bisa ditiru dalam mempersiakan pensiun dini yang mengutip dari Lifehack.org, Sabtu (12/9/2020) berikut ini :

1. Investasi Real Estate

Real estate bisa menjadi cara nomor satu bagi seseorang merencanakan masa pensiun yang sukses. Jika dilakukan dengan benar, investasi real estate dapat menghasilkan uang saat ini, dan terus menghasilkan peningkatan jumlah uang selama sisa hidup.

Anda juga tidak harus cukup kaya untuk memiliki kompleks apartemen. Ini bisa dimulai menyewakan satu unit kecil dan berkembang dari sana. Di setiap daerah memiliki area yang disewakan lebih dari harga rata-rata hipotek. 

Pembiayaan real estate saat ini juga jauh lebih mudah daripada yang disadari kebanyakan orang. Ada lusinan tips dan trik yang dapat digunakan orang untuk mendapatkan properti real estat murah hampir tanpa biaya sendiri. 

Kebanyakan orang enggan berinvestasi dalam real estate hanya karena mereka tidak pernah meluangkan waktu untuk belajar.

 

2. Memulai Bisnis

Salah satu cara terbaik untuk pensiun dini adalah dengan memulai bisnis yang bisa menjadi sapi perah Anda. Banyak orang menghasilkan banyak uang selama sisa hidup mereka melalui ide bisnis yang sangat membosankan. 

Mulai bisnis misalnya, seseorang dapat membeli kain dengan harga diskon di China, menjualnya kepada orang-orang di Amerika Serikat melalui Amazon, dan mengantongi keuntungannya.  Itu kurang seksi, tetapi sangat mudah dan dapat menghasilkan banyak uang. 

Ada banyak kelas daring berbeda yang mengajari orang-orang cara melakukan hal ini. Kunci dari semua ini adalah motivasi. 

Tetapkan rencana bagaimana Anda ingin pensiun dini dan kemudian tulis secara spesifik. Cari tahu rute mana yang paling Anda minati, lalu wujudkan. Itu akan sangat berharga suatu hari nanti!

Reporter: Erna Sulistyowati

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.