Sukses

Jangan Abai dengan Nomor Kontak Konsumen, Ini Untungnya buat Anda

Media ber kirim pesan juga dapat digunakan untuk merawat ulang hubungan dengan para pelanggan atau kolega bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Dalam strategi digital marketing, media berkirim pesan mempunyai peranan yang sangat penting. Karena menjadi garda terakhir dari semua sistem pemasaran yang kita gunakan.

Media kirim pesan biasa digunakan calon konsumen untuk mengkonfirmasi bahwasanya mereka sedang belanja kepada pihak yang memang dapat dipercaya.

Selain itu, media kirim pesan juga dapat Anda gunakan untuk merawat ulang hubungan dengan para pelanggan atau kolega bisnis.

Sehingga Anda sebagai pelaku UKM wajib hukumnya untuk mengelola kontak yang ada di media kirim pesan Anda, baik itu di Whatsapp, Telegram, Line, email, atau yang lainnya.

Berikut 4 hal pentingnya mengelola kontak konsumen, dilansir dari laman ukmindonesia.id, Kamis (20/8/2020).

1. Mengkategorikan jenis kontak konsumen sesuai dengan jenisnya

Seperti kontak yang masih berstatus calon konsumen atau yang sudah menjadi konsumen. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengelola strategi komunikasi pemasaran melalui media kirim pesan.

2. Memudahkan Anda menghubungi kembali konsumen

Mungkin Anda pernah mengalami ketika akan menghubungi salah satu pelanggan untuk mengkonfirmasi pesanan misalnya.

Tapi ternyata di kontak Anda tersimpan nama konsumen dengan 6 nama persis, maka tidak mungkin akan mengirimi pesan keenam orang tersebut. Tentu hal ini akan membingungkan Anda. Oleh karena itu penting untuk Anda dalam mengelola nama kontak dengan benar.

3. Sebagai direktori data pelanggan dan calon pelanggan

Yang bisa Anda kelola untuk meningkatkan pemasaran produk.

4. Lebih efisien dalam berkomunikasi dan menjaga hubungan baik

Tidak hanya dengan pelanggan Anda, tapi juga dengan mitra pemasok, dan mitra usaha lainnya.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lalu bagaimana cara menambah jumlah kontak?

Kuncinya adalah seberapa banyak database yang ada di kontak Anda. Semakin banyak maka peluang untuk menawarkan produk semakin baik.

Mengelola 1.000 calon konsumen tentu memberikan peluang pemasaran yang lebih besar dibandingkan dengan hanya mengelola 10 calon konsumen.

Dengan mengelola 1.000 calon konsumen, Anda berpotensi mendapatkan 100 pembelian sedangkan yang hanya mengelola 10 calon konsumen hanya akan mendapatkan peluang 1 pembelian. Di sinilah pentingnya Anda mempunyai banyak database kontak calon konsumen.

Caranya, pertama yang harus Anda kerjakan adalah dengan mengoleksi dari data anggota grup dari Whatsapp grup yang tergabung di sana. Ketika Anda ingin mengirim pesan, maka Anda harus memperkenalkan diri.

Serta meminta izin dengan baik alasan Anda menyimpan nomer tersebut. Cara ini sangat efektif karena kita dapat langsung berkomunikasi dengan orang yang nomornya Anda simpan.

Cara yang kedua, Anda bisa mengoleksinya dengan mengoptimalkan iklan di media sosial. Arahkan para pemirsa (viewers) Anda di media sosial untuk mengisikan data melalui formulir.

Jika Anda mau menyimpan nomor seluler dari calon konsumen maupun mitra usaha sebisa mungkin simpan di cloud atau di akun Google. Hal ini sangat berguna jika suatu ketika Anda harus berganti smartphone, atau hilang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.