Sukses

Mau Renovasi Rumah Tanpa Bikin Kantong Bolong? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Selama pembatasan sosial yang memaksa Anda untuk beraktifitas dari rumah. Tentu saja, hal ini memungkinkan Anda lebih sering untuk memeriksa keadaan rumah.

Banyak hal yang mulai Anda pikirkan, seperti mengganti beberapa barang. Bahkan merenovasi beberapa sudut rumah Anda.

Namun, di saat pandemi seperti saat ini, Anda harus benar-benar memanfaatkan uang Anda dengan baik. Jangan sampai justru nantinya membuat bangkrut.

Alih-alih menciptakan ruangan yang nyaman, jangan sampai membabat habis tabungan Anda. Untuk itu, melansir dari laman Lifehack.org, Jumat (31/7/2020), berikut tips irit merenovasi rumah untuk Anda:

1. Do It Yourself

Renovasi dapat menjadi waktu terbaik bagi Anda untuk menggunakan keterampilan DIY Anda. Keterlibagan tenaga kerja dapat menguras kantong Anda cukup dalam.

Atau, jika ada kerabat atau teman yang bisa membantu, akan lebih baik. Jika terpaksa, Anda juga bisa mencari jasa pekerja lepas dengan upah yang kompetitif.

 

2 dari 7 halaman

2. Ganti seperlunya

Orang terkadang berpikir bahwa renovasi berarti mengganti segala sesuatu dengan barang baru. Jika Anda memiliki gagasan ini juga, maka Anda mungkin harus mempertimbangkan kembali.

Cari furnitur atau aksesori rumah lain yang layak dijaga. Ini bisa berupa kursi, meja belajar, atau barang lain semacamnya. Penggunaan kembali akan mencegah Anda menghabiskan uang untuk membeli produk baru.

 

3 dari 7 halaman

3. Jual, atau tukar tambah barang lama Anda

Sebelum menyingkirkan barang-barang, cari penawaran tukar tambah di sekitar tempat tinggal Anda. Dimana Anda bisa mendapatkan produk dengan harga lebih murah dari dealer dengan imbalan produk lama Anda.

Satu hal lagi yang dapat Anda lakukan adalah menjual barang-barang lama Anda , Jika Anda orang yang sibuk, iklankan produk lama Anda di situs jual beli.

 

4 dari 7 halaman

4. Beli barang bekas

Jika anggaran Anda terbatas, membeli produk bekas bukan pilihan yang buruk. Ada kalanya barang bekas memiliki kulitas yang masih mumpuni.

Anda dapat dengan mudah menemukan produk bekas yang Anda butuhkan dijual dengan harga pantas.

 

5 dari 7 halaman

5. Cari alternatif barang yang Anda mau

Jangan mengandalkan merek atau perusahaan tertentu untuk kebutuhan pembelian Anda.

Anda mungkin memiliki merek favorit, tetapi ada alternatif lain jika merek tersebut tidak sesuai dengan anggaran Anda. Produk dengan harga lebih murah belum tentu memiliki kualitas kurang. Bahkan, Anda harus mencari produsen baru karena mereka sering menawarkan produk terbaik dengan harga yang relatif lebih rendah.

 

6 dari 7 halaman

6. Beli dengan cerdas

Membeli produk-produk alternatif adalah pilihan yang baik, dan akan menjadi lebih baik ketika Anda memiliki pilihan untuk membelinya dari toko-toko alternatif.

Jangan hanya membeli dari toko lokal. Gunakan bantuan situs web pembanding yang mencari harga produk yang sama, termasuk furnitur, cat, dll. Sebaiknya, pilih toko terbaik untuk membeli produk pilihan Anda dengan harga terendah.

 

7 dari 7 halaman

7. Pertimbangkan produk yang tahan lama

Produk yang membutuhkan perawatan lebih sedikit atau penggantian lebih sedikit, dapat menghemat uang.

Untuk membeli produk semacam itu, Anda mungkin harus menghabiskan sedikit lebih banyak tetapi mengingat bahwa produk-produk tahan lama ini mencegah Anda untuk membeli pengganti mereka selama bertahun-tahun, jangan ragu untuk berinvestasi di dalamnya.