Sukses

Platform Marketplace B2B Ini Luncurkan Layanan Pinjaman Digital Terintegrasi

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan penyedia platform marketplace business to business (B2B) Mbiz dan Investree meluncurkan fitur layanan pinjaman digital B2B terintegrasi.

Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang tergabung di ekosistem mbizmarket.co.id. Mbiz sendiri menawarkan solusi e-procurement untuk membantu pengadaan barang dan jasa bagi perusahaan-perusahaan dan pemerintah.

Adapun Investree adalah fintech peer to peer lending yang menghubungkan pemberi pinjaman (lender) dan pihak yang membutuhkan pinjaman (borrower) terutama Usaha Kecil Menengah (UKM).

Fitur baru ini pun dapat dimanfaatkan oleh pemasok barang dan jasa, dan perusahaan-perusahaan kecil menengah, termasuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi binaan pemerintah.

“Kami berharap fitur pengajuan pinjaman ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang menjadi penjual, yang telah bergabung di ekosistem Mbizmarket.co.id," kata CEO Mbiz Rizal Paramarta dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Rizal menjelaskan, perusahaan skala kecil dan menengah termasuk UMKM yang banyak bertransaksi di Mbizmarket.co.id diharapkan dapat mengembangkan dan memperlancar usahanya dengan pinjaman dana yang diperoleh dengan bergabung di Mbizmarket.

"Hal ini juga merupakan wujud komitmen kami untuk turut mendukung upaya pemerintah menuju Indonesia 4.0, yaitu melalui pemberdayaan UMKM melalui pendanaan berbasis teknologi," tuturnya.

Menurut Rizal, fitur ini merupakan respon Mbiz untuk memberikan solusi sekaligus menjawab kebutuhan pelaku industri B2B, di mana pelaku usaha dalam hal ini pemasok harus dapat mengakomodasi kebutuhan pembeli atas term of payment yang cukup panjang dan beragam mekanismenya. Adapun di sisi lain, diperlukan perputaran modal kerja yang cepat dan lancar untuk menghasilkan keuntungan perusahaan yang optimal.

Fitur layanan pinjaman ini dapat dengan mudah diakses di platform Mbizmarket.co.id. Perusahaan dapat mendaftar di Mbizmarket, melakukan transaksi penjualan, dan dapat mengajukan pinjaman dana, dengan menjaminkan purchase order yang valid dan tercatat transaksinya di mbizmarket.co.id.

Selama memiliki purchase order yang aktif atau sedang berjalan, setiap pelaku usaha yang terdaftar di ekosistem Mbiz dapat memanfaatkan fitur pengajuan pinjaman ini untuk menjaga arus kas perusahaan dan kestabilan bisnisnya. 

2 dari 3 halaman

Kemudahan

Bagi perusahaan yang telah tergabung di ekosistem mbizmarket.co.id, akan mendapatkan kemudahan tambahan dalam mengajukan pinjaman dana melalui Investree, dengan menggunakan data transaksi perdagangan.

Fitur pengajuan pinjaman melalui Investree di platform Mbizmarket menawarkan kemudahan, kecepatan, transparansi, serta tingkat bunga dan biaya yang kompetitif berdasarkan sistem credit scoring yang modern.

"Kami sadar masih banyak pelaku UKM yang belum memiliki akses pembiayaan bank karena karena belum bisa memenuhi persyaratan yang menjadi standar kelayakan pemberian kredit," ungkap CEO Investree Adrian Gunadi.

Adrian pun berharap kemitraan strategis antara Investree dan Mbiz mampu memberikan peluang bagi UKM-UKM Indonesia yang berada di dalam ekosistem pengadaan barang dan jasa agar mampu mempercepat laju pertumbuhan bisnis mereka.

"Sudah menjadi komitmen kami untuk terus berinovasi terutama dalam memberikan kemudahan akses pembiayaan yang lebih cepat dan terjangkau. Melalui fitur pengajuan pinjaman yang terintegrasi, kami siap mendukung UKM dari sisi permodalan untuk menjadi semakin berdaya, kompeten, dan kontributif," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: