Sukses

Respon Cepat Terhadap Perubahan, BNI MOVE Hadirkan Harapan Baru Bagi UMKM

Liputan6.com, Jakarta Di era new normal atau kenormalan baru sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) berupaya menyatukan energi bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dengan semangat 'BNItudigital', BNI menghadirkan aplikasi BNI MOVE (Mobile Innovation for SME Ecosystem) yang mempermudah para pelaku UMKM, untuk mendapatkan permodalan dari perbankan. Demikian dijelaskan Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) BNI, Tambok P Setyawati di Jakarta, pada Rabu (8/7).

Tambok menuturkan, BNI MOVE merupakan bentuk respon BNI atas perubahan yang terjadi begitu cepat akibat pandemi Covid-19. Melalui aplikasi BNI MOVE, debitur tidak perlu lagi datang ke kantor cabang BNI, untuk mengajukan kredit baik untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun BNI Wirausaha (BWU).

Tidak hanya memudahkan akses kredit saja, hal tersebut juga sejalan dengan imbauan physical distancing untuk menekan penyebaran Covid-19. "Aplikasi ini menjadi harapan baru bagi para pelaku UMKM termasuk yang di pelosok, agar tetap survive dan semakin berhasil di tengah pandemi ini," jelas Tambok. 

"Tidak hanya itu saja, BNI juga berharap aplikasi BNI MOVE turut berkontribusi dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dengan semakin mudahnya pelaku UMKM mendapatkan kredit," kata Tambok lagi.

Tambok menambahkan, BNI MOVE memanfaatkan teknologi berbasis Big Data. Nantinya, data dari debitur akan langsung dapat dianalisis secara otomatis sehingga pemrosesan kredit menjadi semakin cepat. Denga adanya aplikasi ini, diharapkan semakin melengkapi inovasi dan solusi perbankan yang BNI tawarkan, terutama bagi pelaku UMKM.

 

(*)