Sukses

5 Trik Jitu Raih Modal Bisnis Bagi Pemula, Bisa Lewat IMF

Jika memang Anda berkemauan untuk memulai bisnis, jangan pernah ragu.

Liputan6.com, Jakarta - Ingin memulai bisnis tapi terkendala modal? Jangan khawatir, jika memang Anda berkemauan untuk memulai bisnis, jangan pernah ragu.

Urusan modal, banyak yang bisa membantu Anda memperoleh modal baik itu keluarga, teman, hingga lembaga keuangan, seperti bank atau lembaga pembiayaan  dan pinjaman lainnya.

Namun kunci utamanya Anda harus siap gagal dan Anda harus bisa mengatasi kegagalan tersebut, setidaknya sudah memiliki banyak rencana, jika rencana pertama Anda gagal, Anda masih punya rencana kedua, ketiga, dan seterusnya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan modal bisnis?

Dikutip dari laman Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (LPDB KUMKM), Jumat (19/6/2020), berikut lima cara Anda mendapatkan modal bisnis:

1. Dana IMF

Eits, jangan dibayangkan IMF adalah International Monetary Fund tempatnya para bank nasional mengajukan pinjaman. IMF di sini adalah Istri, Mertua, Family.

Artinya Anda bisa meminjam modal dari keluarga terdekat Anda untuk bisa memulai bisnis. Keluarga adalah cara termudah dalam mengakses modal. Jika mereka kebetulan punya dana lebih, tentu tidak salah Anda datang dengan penawaran kerja sama dengan skema hasil yang saling menguntungkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Dana Sahabat

Sama halnya dengan IMF, dana sahabat artinya Anda bisa meminjam modal dari teman Anda. Anda bisa dekati mereka dan utarakan maksud Anda.

Tips untuk mendapatkan modal dari teman adalah jangan katakan kalau Anda meminjam, biasanya reputasi Anda akan menjadi pertimbangan bisa atau tidaknya Anda mendapat pinjaman.

Katakan saja bahwa Anda ingin menjalin kerjasama sebuah bisnis inovatif yang akan mendatangkan hasil bagus di masa mendatang. Tawarkan skema bagi hasil yang menarik sehingga kemungkinan modal cair cukup besar.

3. Modal dari Lembaga Keuangan

Cara ini lazim dilakukan para pebisnis. Meminjam dana ke bank untuk mendapatkan modal membawa risiko tersendiri. Anda harus serius dan disiplin dalam hal pembayaran.

Terlambat sedikit, denda akibatnya. Jika Anda mangkir membayar, lansung di-blacklist dan tidak bisa meminjam modal di bank lain karena nama Anda tercatat di Bank Indonesia.

Ada alternatif lain untuk mengakses dana selain bank, yakni lewat Lembaga Pengola Dana Bergulir KUMKM yang dikelola Kementerian Koperasi. LPDB KUMK menawarkan kemudahan proses aplikasi dan bunga yang relatif rendah. Untuk info lebih lengkap Anda bisa kunjungi www.danabergulir.com.

 

3 dari 3 halaman

4. Jual Franchise

Punya usaha bagus tetapi belum cukup modal? Anda bisa menjualnya dengan system franchise. Anda harus membuat konsep, proyeksi, manajemen, dan panduan opersional bisnis yang menarik agar bisnis Anda mendapat bayak pembeli. Nah, jika modal sudah terkumpul, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda tersebut lebih besar lagi.

5. Jual Kreativitas

Anda termasuk orang yang kreatif? Manfaatkan ini untuk menciptakan ide-ide bisnis yang belum terpikirkan oleh orang lain. Dengan ide brilian Anda, tidak menutup kemungkinan investor tertarik untuk memodali Anda menjalankan bisnis tersebut, atau membeli ide bisnis Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan modal berbisnis. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.