Sukses

3 Fasilitas Baru Hadapi New Normal di Bandara Soetta

Ketiga layanan ini diluncurkan di Bandara Soetta dan kemudian menyusul di bandara lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menyiapkan layanan ritel di segmen kesehatan guna mendukung penumpang pesawat di tengah pandemi Corona.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, tujuan utama layanan ini adalah membantu penumpang pesawat agar selalu dapat mengedepankan aspek kesehatan.

“Pada prinsipnya kami ingin agar alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer, face shield, sampai dengan obat kumur antiseptik dapat dengan mudah didapat di bandara-bandara PT Angkasa Pura II,"ungkapnya dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Layanan pertama yang tengah disiapkan adalah vending machine untuk memasarkan APD, seperti masker, face shield, antiseptik mulut dan sarung tangan.

Lalu, layanan kedua adalah digital wayfinding atau mesin peta digital di terminal penumpang, yang difungsikan sebagai media e-commerce untuk pemesanan APD dan obat-obatan.

“Sebanyak 21 digital wayfinding ada di Bandara Soetta dan akan ditingkatkan kemampuannya dari saat ini berfungsi menunjukkan area-area di terminal, menjadi juga bisa digunakan untuk pemesanan APD atau obat-obatan, untuk kemudian diantar ke pemesan," kata Awaluddin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Health Center

Sementara, layanan ketiga adalah health center yang merupakan tempat bagi calon penumpang pesawat dapat melakukan rapid test atau PCR test, serta layanan medical check up dan menyediakan produk kesehatan atau farmasi atau APD.

Health center ini merupakan kolaborasi PT Angkasa Pura II, maskapai dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan, untuk menekan risiko penyebaran Covid-19 melalui tes yang dilakukan kepada penumpang pesawat.

Ketiga layanan ini akan diluncurkan dalam waktu dekat di Soekarno-Hatta, kemudian menyusul di bandara lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.