Sukses

Kepala Bappenas Ajak Daerah Gelar Tes Corona untuk 1.000 Orang per Pekan

Di Indonesia saat ini baru ada sekitar 940 per satu juta orang yang telah dilakukan tes.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berharap agar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) merancang untuk memperbanyak pengawasan (surveillance) terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19) di pelosok daerah.

Dia memproyeksikan, satu dari 1.000 penduduk yang ada di masing-masing daerah dapat dilakukan tes Covid-19 setiap pekan.

"Jadi kalau ada penduduk satu juta, ada seribu orang per minggu harus dites," ujar Suharso saat memberikan arahan dalam acara Temu Konsultasi Triwulanan 2020 Bappenas-Bappeda Provinsi Seluruh Indonesia, Selasa (26/5/2020).

Suharso mengutarakan, dirinya termasuk orang yang kurang setuju dengan penetapan istilah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). Menurutnya, setiap orang yang terindikasi bersentuhan dengan virus Corona sebaiknya langsung dilakukan tes.

"ODP dan PDP itu kalau Anda bisa mencari orang yang kena, kalau dia dicurigai, maka dia jadi orang yang prioritas untuk dites. Jadi jangan kayak dioper terus posisi PDP itu, jadi untuk memastikan dia dites," ungkapnya.

"Jadi dengan demikian kita bisa benar benar melihat. Buat saya kita realistis aja di indonesia, apalagi di daerah. Jadi misal dokter bilang orang ini mau Covid-19, ya dites aja. Jadi yang penting itu tes, menggambarkan surveillance kita kuat," dia menegaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jauh di Bawah Negara Asia

Berdasarkan perhitungannya, di Indonesia saat ini baru ada sekitar 940 per satu juta orang yang telah dilakukan tes. Suharso menyatakan, angka tersebut masih jauh di bawah negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia dan Thailand yang sudah lebih masif menggelar tes Covid-19.

"Kita satu minggu cuma naik 200. Jadi kelihatan kita tes itu tidak ada. Saya harap benar daerah dipimpin Bappeda, sampaikan penting untuk dites," seru dia.

"Jadi kalau berdasarkan hitungan Mei, kalau kita bisa lakukan 10 ribu tes per hari, maka tanggal 19 juni kita harus mencapai 1.838 per sejuta penduduk yang dites," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini