Sukses

Gagal Mengorbit, Jasindo Bakal Selesaikan Klaim Asuransi Satelit Palapa N1

Satelit Nusantara Dua meluncur dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC), Xichang, China, Kamis (9/4), namun terjadi kegagalan pada 3rd stage atas launch vehicle dan kemudian satelit hilang

Liputan6.com, Jakarta - PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo berkomitmen untuk membantu proses klaim dari polis asuransi peluncuran satelit dan in-orbit atas satelit Palapa N1 atau Nusantara Dua milik klien kami PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera atau PSNS. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Operasional Asuransi Jasindo, Dodi Susanto.

“Kami turut prihatin atas launch failure Satelite Nusantara Dua milik klien kami PSNS, dan kami senantiasa mendampingi klien kami khususnya dalam penyelesaian klaim,” kata Dodi kepada wartawan, Jumat (22/5/2020).

Satelit Nusantara Dua meluncur dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC), Xichang, China, Kamis (9/4), namun terjadi kegagalan pada 3rd stage atas launch vehicle dan kemudian satelit hilang.

Usai mendengar kabar tersebut, Asuransi Jasindo segera melakukan koordinasi baik internal maupun eksternal (klien, reinsurance broker dan reinsurer) untuk penanganan klaim yang nilainya dipastikan cukup material tersebut.

“Asuransi Jasindo sedang dalam proses analisa informasi klaim untuk pertanggungan dalam polis Asuransi Jasindo sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati dalam polis,” lanjut Dodi.

Saat ini, kata Dodi, pihaknya juga tengah menunggu dokumen pendukung klaim lebih lanjut yang akan disampaikan secara resmi oleh klien kami PSNS segera setelah tambahan informasi yang diperlukan tersedia.

“Tim teknis penanganan klaim Asuransi Jasindo segera membuat analisa klaim dan berkoordinasi dengan reinsurance broker dan reinsurers, sehingga diharapkan dalam waktu yang relatif singkat, data yang dibutuhkan terkait klaim tersebut sudah siap,” jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dodi memastikan Asuransi Jasindo selalu sigap dalam menyelesaikan klaim yang termasuk kategori specialty risk (risiko khusus) ini, tentunya dengan ketentuan di dalam polis dengan efektif, tepat dan cepat.

“Karena kami adalah asuransi umum milik BUMN yang memiliki pengalaman dalam menangani asuransi specialty risk seperti asuransi satelit, aviasi dan energy offshore. Sejak 1976 kami telah menangani 20 asuransi peluncuran satelit dan telah menyelesaikan klaim asuransi satelit sekitar USD567juta. Tahun kemarin kami juga telah menyelesaikan pembayaran klaim sebesar Rp876 Miliar untuk industry offshore,” terangnya.

Dodi juga memastikan, Asuransi Jasindo selalu mengedepankan proses bisnis yang prudent diantaranya pemilihan reinsurer dengan international rating serta kerjasama dengan global reinsurance broker yang memiliki reputasi baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT Asuransi Jasa Indonesia atau disingkat Asuransi Jasindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jasa.

    Jasindo

  • PT Asuransi Jasa Indonesia atau disingkat Asuransi Jasindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jasa.

    Asuransi Jasindo

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • Klaim Asuransi