Sukses

Jajaran 13 Direksi BUMN yang Diganti Erick Thohir Selama Menjabat

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir telah melakukan banyak perombakan di perusahaan-perusahaan plat merah. Salah satunya dengan melakukan pergantian di jajaran direksi BUMN, khususnya posisi Direktur Utama (Dirut).

Dari catatan Liputan6.com, setidaknya ada sekitar 13 BUMN yang mengalami pergantian Dirut. Contohnya, Garuda Indonesia, PLN, hingga yang terakhir PGN.

Lantas BUMN mana saja yang mengalami pergantian Dirut dan direksi, berikut daftarnya:

1. Garuda Indonesia

Kasus penyelundupan Harley Davidson membuat Erick Thohir turun tangan dan mengganti pucuk pimpinan di maskapai plat merah tersebut.

Pada Januari 2020, Erick Thohir memberhentikan Ari Ashkara dan kemudian menunjuk Irfan Setyaputra sebagai Dirut Garuda Indonesia yang baru.

2. PT Kereta Api Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. Sebanyak lima direksi diganti langsung, termasuk Direktur Utama.

Untuk posisi Dirut, Erick Thohir menunjuk Didiek Hartantyo menggantikan Edi Sukmoro. Didiek sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan KAI.

3. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN)

Yang teranyar, Erick Thohir merombak jajaran direksi di PGN. Perombakan ini termasuk posisi Dirut dengan menunjuk Suko Hartono sebagai pengganti Gigih Prakoso.

Pergantian Dirut tersebut berdasarkan keputusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPST) 2019.

2 dari 4 halaman

4. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Royke menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang sebelumnya telah dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN.

Royke merupakan sosok internal dari Bank Mandiri. Sebelumnya, Royke menjabat sebagai Direktur Corporate Banking Bank Mandiri.

5. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Pada Desember 2019, Erick Thohir menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN dan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN. Sepak terjang keduanya selama ini menjadi alasan Erick Thohir menunjuk untuk memimpin perusahaan listrik milik negara tersebut.

PLN memiliki tugas yang berat mulai dari merealisasikan rasio elektrifikasi 100 di Indonesia hingga menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat dan industri.

6. PT Taspen (Persero)

Pada Januari 2020, Erick Thohir mengganti Iqbal Lantaro dengan Antonius NS sebagai direktur utama Taspen. Perombakan direksi PT Taspen ini sebut hanya bersifat penyegaran.

7. PT Timah (Persero) Tbk.

Pada Februari 2020, Erick Thohir kembali mengangkat M Riza Fahlevi Tabrani menjadi Direktur Utama PT Timah (Persero) Tbk.

Pengangkatan tersebut melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan di salah satu hotel berbintang di Jakarta.

3 dari 4 halaman

8. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II

Erick Thohir juga mencopot Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya serta menunjuk direksi baru. Elvyn sendiri digantikan oleh Arif Suhartono.

Adapun pergantian kepengurusan tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Rapat Umum Pemehang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia II dengan nomor SK-69/MBI/03/2020 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomeklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pelindo II, tertanggal 2 Maret 2020.

9. PTPN III Holding

Erick Thohir merombak jajaran direksi di tubuh PTPN III Holding (Persero). Salah satunya menunjuk Mohammad Abdul Ghani sebagai Direktur Utama BUMN perkebunan tersebut.

Sebelumya, Mohammad Abdul Ghani menjabat Plt. Dirut PTPN III Holding.

10. AirNav Indonesia

Erick Thohir menunjuk M. Pramintohadi Sukarno, sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia).

Pramintohadi mengisi jabatan yang sebelumnya diisi oleh Novie Riyanto, yang pada 28 Januari 2020 lalu diberikan mandat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan.

4 dari 4 halaman

11. PT Bank Tabungan Negara (Persero)

Pahala N Mans‎ury didapuk sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau BTN pada November 2019 lalu. Jabatan orang nomor satu di BTN tersebut sebelumnya kosong setelah ditinggalkan Suprajarto.

Pahala mengatakan mendapat sejumlah pekerjaan rumah dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Thohir.

12. Inalum

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Wakil Direktur Utama PT Freeport Indonesia Orias Petrus Moedak untuk menjabat sebagai Direktur Utama Inalum, atau yang kini bernama MIND ID.

Sebelumnya, posisi Direktur Utama Inalum memang kosong setelah ditinggal Budi Gunadi Sadikin yang menjadi Wakil Menteri BUMN.

13. PT Aneka Tambang Tbk (Antam)

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memutuskan perombakan jajaran direksi dan komisaris. Dalam perombakan tersebut, pemegang saham memutuskan untuk mengangkat Dana Amin sebagai Diretur Utama.

Antam merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor pertambangan. Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir memang tengah giat melakukan pengegaran penyegaran pejabat di BUMN.