Sukses

Tips Menjadi Kaya Raya dengan Cara yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta - Membangun kekayaan membutuhkan waktu dan usaha, tetapi itu bukan tidak mungkin. Informasi keuangan yang tepat akan membantu Anda mengembangkan pola pikir dan disiplin yang diperlukan untuk menumbuhkan kekayaan bersih Anda.

Dengan membaca panduan ini akan mengajarkan Anda dasar-dasar menabung, berinvestasi, dan mengelola uang sehingga Anda bisa menjadi kaya.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda akan mempelajari perubahan apa yang perlu Anda lakukan untuk gaya hidup, pendapatan, dan kebiasaan finansial Anda untuk melihat hasilnya.

Anda tidak akan menjadi kaya dalam semalam, tetapi Anda akan membuka jalan atau usaha untuk mengumpulkan kekayaan itu, berikut tipsnya dilansir dari laman Thebalance.com, Minggu (18/4/2020):

1. Berapa Banyak Uang yang Dibutuhkan untuk Menjadi Kaya?

Sebelum Anda menjadi kaya, Anda harus tahu apa artinya itu. Berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk menjadi kaya? Berapa jumlah rupiah yang mungkin memenuhi syarat? Anda akan menemukan bahwa jawabannya bervariasi.Definisi kekayaan Anda mungkin berbeda dari definisi orang lain, jadi penting untuk mengetahui apakah Anda mencari kemerdekaan, keamanan, status, atau hasil lainnya.

Masing-masing tujuan ini akan datang dengan definisi kekayaan yang berbeda. Maka dari itu, Anda perlu menetapkan tujuan yang jelas untuk kekayaan dan penghasilan Anda berdasarkan pemahaman yang lebih luas tentang kekayaan. Menentukan target memungkinkan Anda untuk lebih mempersiapkan strategi dan menyesuaikan harapan Anda.

2. Konsep yang Perlu Anda Ketahui

Mempelajari cara menjadi kaya tidak berbeda dengan belajar piano atau belajar melukis. Jika Anda tahu teori dan konsepnya, Anda bisa mempraktikkannya dan kemudian memperbaiki teknik Anda. Anda harus mengubah cara berpikir tentang tenaga kerja, aset, dan pengeluaran Anda.

Jika Anda memahami filosofi kekayaan, Anda akan menyadari bahwa tidak ada yang berdiri di antara Anda dan impian Anda selain batasan yang ditentukan sendiri. Prinsip yang paling penting untuk diingat adalah bahwa aset Anda juga dapat menghasilkan pendapatan, setiap rupiah yang disimpan memiliki potensi untuk menghasilkan lebih banyak bunga. Uang dapat bekerja untuk Anda, dan semakin banyak yang Anda pekerjakan, semakin banyak yang bisa Anda peroleh.

2 dari 4 halaman

3. Aturan untuk Membangun Kekayaan

"Cara Menjadi Kaya" bukanlah kelas yang mereka ajarkan di sekolah. Namun, mempelajari keterampilan ini cukup penting sehingga Anda harus berusaha sendiri. Ada beberapa aturan untuk membangun kekayaan yang akan membantu Anda tidak peduli berapa banyak uang yang Anda hasilkan.

Pertama, selektif tentang siapa yang Anda nikahi, sehingga Anda mampu memperhitungkan dengan siapa pasangan Anda, jika memahami keuangan bersama. Maka Anda nantinya mampu meminimalkan hutang Anda. Bahkan "utang baik," seperti hipotek, dapat mencegah Anda dari meletakkan uang untuk mendapatkan bunga.

Kedua, hiduplah di bawah kemampuan Anda, dan pastikan Anda menabung untuk masa pensiun. Jangan mendanai pengalaman kuliah anak-anak Anda dengan mengorbankan tabungan pensiun Anda. Jika Anda bisa, tunda klaim Jaminan Sosial selama mungkin. Anda akan meningkatkan manfaat Anda untuk setiap tahun yang dapat Anda tunda, mendapatkan hingga 132 persen dari manfaat yang terhutang jika Anda menunggu sampai usia 70 tahun.

4. Langkah Menuju Kemandirian Finansial

Setelah Anda memahami definisi kaya, Anda dapat memutuskan bahwa apa yang Anda cari adalah kemandirian finansial. Setelah mandiri secara finansial, Anda tidak lagi terikat pada pekerjaan atau majikan. Maka Anda bebas melakukan apa yang Anda inginkan karena yang menciptakan penghasilan adalah Anda sendiri.

Untuk mencapai kebebasan finansial dan mengucapkan selamat tinggal pada gaji dan bos, Anda harus berpikir jangka panjang. Carilah peluang yang menghasilkan pendapatan sambil memotong biaya Anda, dan letakkan perbedaannya dalam investasi. Selain itu, sempurnakan strategi pajak Anda sambil menjelajahi ceruk pasar yang belum dimanfaatkan untuk memaksimalkan penghasilan Anda.

5. Memahami Penghasilan Pasif

Bekerja untuk bayaran adalah penghasilan aktif, artinya jumlah yang dapat Anda bawa terbatas pada jam kerja yang Anda lakukan. Tetapi bagaimana jika penghasilan Anda tidak terikat dengan jam yang Anda habiskan? Itu pendapatan pasif, dan itu adalah komponen kunci untuk membangun kekayaan.

Dengan penghasilan pasif, Anda dapat membuat arus kas tanpa harus bangun dari tempat tidur di pagi hari. Ini dapat dilakukan dengan membeli saham atau aset lain atau dengan membuat konten, paten, atau barang lain yang dapat menghasilkan pendapatan berkelanjutan. Pelajari tentang berbagai jenis pendapatan pasif sehingga Anda dapat mulai membangun kekayaan bersih Anda melebihi apa yang mungkin dengan 40 jam kerja per minggu.

3 dari 4 halaman

6. Langkah Menuju Pensiun yang Kaya

Apakah Anda ingin menghabiskan tahun-tahun emas Anda menikmati hidup, hidup sepenuhnya tanpa khawatir tentang uang atau tagihan? Anda harus mempelajari panduan langkah untuk mendapatkan investasi Anda, meminimalkan kewajiban pajak Anda, dan belajar bagaimana mengidentifikasi aset penghasil pendapatan. Kekuatan bunga majemuk membantu Anda memaksimalkan dolar investasi Anda, jadi semakin awal Anda memulai, semakin baik.

7. Kiat dan Pertimbangan untuk Wanita

Jangan biarkan gender memengaruhi jalan Anda menuju kekayaan. Saat Anda mempelajari aturan penting untuk menjadi kaya, ingat juga beberapa pertimbangan khusus yang mungkin memengaruhi pola pikir atau keputusan Anda. Lagi pula, wanita masih hidup lebih lama, rata-rata sekitar lima tahun, jadi Anda ingin memastikan investasi Anda akan bertahan lama.

Misalnya, jangan memberikan kendali atas keuangan Anda kepada pacar atau pasangan. Tahan keinginan untuk berbelanja secara royal di luar anggaran Anda. Sikap bermasalah terhadap uang dapat memengaruhi cara Anda menabung dan membelanjakan, jadi penting untuk mengatasinya.

8. Pengetahuan orang tentang orang berbeda-beda

Bagaimana cara 1 persen orang terkaya berpikir berbeda tentang uang? Mereka memahami dividen, diversifikasi, dan pajak. Mereka tidak mengikuti apa yang dilakukan pasar, dan mereka memandang bisnis sebagai permainan. Mereka terus-menerus berpikir tentang cara menggunakan uang mereka untuk mereka. Dengan mempelajari orang super kaya, Anda bisa belajar bagaimana menjadi kaya sendiri.

4 dari 4 halaman

9. Model Warren Buffett

Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia, memiliki satu atau dua hal untuk dibagikan tentang menjadi kaya. Perusahaan induknya di Berkshire Hathaway terkenal dengan hasil yang luar biasa, mengungguli S&P 500 lebih dari dua kali lipat.

Metodenya adalah menginvestasikan uang dari bisnis operasinya ke dalam saham di perusahaan yang baik, kemudian menahannya untuk jangka panjang. Anda dapat memperkirakan metode ini dalam hidup Anda sendiri, bahkan jika Anda baru mulai dengan surplus pendapatan bulanan yang kecil.

10. Pelajari Prinsip Investasi Melalui Cerita Sosok kartun Scrooge McDuck.

Mungkin menjadi panutan yang tidak mungkin untuk membangun kekayaan, tetapi Anda dapat mempelajari prinsip-prinsip penting berinvestasi dari cerita-cerita komiknya. Carilah pelajaran keuangan tidak hanya dalam contoh kehidupan nyata, tetapi dalam literatur, film, TV, dan kisah-kisah lainnya. Perumpamaan finansial ini akan membantu Anda memahami sifat investasi yang terkadang rumit untuk keuntungan jangka panjang.

11. Bangun Warisan Anda

Langkah terakhir dalam perjalanan Anda untuk menjadi kaya mungkin saja belajar untuk menjadi lebih kaya. Yang benar-benar kaya, yang tak bisa dipercaya, tenggelam dalam uang tunai, kaya gila, semuanya memiliki tiga hal yang sama yang membuat mereka naik ke peringkat teratas dari nilai kekayaan dan membuat nama mereka identik dengan kemakmuran. Jika Anda memutuskan untuk tidak hanya menjadi kaya tetapi membangun kekayaan, Anda harus mengenal mereka juga.

Langkah pertama adalah membangun atau mengakuisisi bisnis yang menguntungkan, yang memberikan keuntungan besar dan memiliki potensi untuk berkembang.

Selanjutnya, pertahankan klaim tegas tentang hal itu, misalnya, Warren Buffet memiliki 30 persen dari perusahaan induknya di Berkshire Hathaway. Akhirnya, orang super kaya mengambil keuntungan dari undang-undang perpajakan yang menguntungkan, dan Anda harus melakukan hal yang sama jika Anda ingin bergabung dengan barisan mereka.