Sukses

Meski Lulusan SMA, 5 Pekerjaan Ini Bisa Bikin Sukses

Liputan6.com, Jakarta Bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), tidak perlu jiper dulu. Apalagi sampai berpikiran negatif akan sulit mendapatkan pekerjaan. Buktinya, banyak orang sukses bergelimang harta, hanya dengan menggenggam ijazah SMA atau SMK.

Seseorang yang bersekolah di tingkat SMA, umumnya diarahkan untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Sementara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membekali siswanya dengan keahlian dan keterampilan untuk siap menghadapi dunia kerja setelah lulus nantinya.

Namun demikian, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk meneruskan pendidikan, seperti keterbatasan ekonomi. Sehingga jalan satu-satunya adalah bekerja pasca lulus dari bangku SMA atau SMK.

Dalam dunia kerja, buat kamu lulusan SMA harus sanggup bersaing dengan pelamar kerja lain yang bertitel sarjana, bahkan master sekalipun. Tapi tenang saja, gelar pendidikan bukan penentu kesuksesan seseorang. Melainkan hanya sebagai penjunjang.

Asal tahu saja, hampir setengah pekerja di perusahaan teknologi raksasa berbasis di Amerika Serikat, Apple tidak bergelar sarjana. Begitu pula dengan Google. Untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut, tak perlu lulusan S1.

Dengan bakat, keterampilan, dan keahlian yang dimiliki, kamu yang lulusan SMA bisa kok mendapatkan pekerjaan. Bahkan di perusahaan bonafit sekalipun.

Memulainya dari posisi terbawah, dan akhirnya berada di puncak karier. Why not? Sebab roda kehidupan terus berputar. Nasib seseorang tidak ada yang pernah tahu.

Berikut beberapa pekerjaan untuk para lulusan SMA, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Kasir

“Dibutuhkan kasir untuk ditempatkan di Jakarta. Syarat: Lulusan SMA, berpengalaman minimal 1 tahun di bidangnya, fresh graduate dipersilakan melamar.”

Pasti pernah dong melihat informasi lowongan pekerjaan di atas. Ya, posisi pekerjaan tersebut kebanyakan tidak membutuhkan gelar sarjana. Cukup lulusan SMA atau SMK.

Apalagi buat lulusan SMK jurusan akuntansi maupun manajemen penjualan, biasanya mereka sudah punya keahlian dan keterampilan, seperti membuat pembukuan, laporan keuangan neraca laba rugi, mengoperasikan mesin cash register yang biasa digunakan kasir pada umumnya.

Sebetulnya perusahaan ritel maupun di bidang lainnya yang membutuhkan tenaga kasir ini hanya perlu orang yang bekerja secara jujur dan teliti. Mengingat, pekerjaan kasir berkutat pada uang, hasil penjualan dan teliti dalam melayani maupun berhitung.

 

2 dari 3 halaman

2. Customer Service

Pekerjaan lain yang banyak membutuhkan lulusan SMA atau SMK adalah customer service. Seperti diketahui, setiap perusahaan yang menjual barang atau jasa, pasti memiliki wadah pelayanan yang memerlukan banyak tenaga customer service.

Tugasnya tentu saja melayani calon atau para pembeli yang ingin tahu produk atau jasa yang dijual. Jadi, syarat melamar posisi customer service bukan melulu pada gelar pendidikan, namun memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan pelanggan. Karena yang bergelar sarjana pun belum tentu punya keterampilan dan keahlian tersebut.

3. Chef atau Koki

Kesehariannya berada di dapur. Tugasnya meracik dan membuat hidangan makanan atau minuman lezat untuk konsumen. Lebih membutuhkan keterampilan dan keahlian memasak, ketimbang ijazah S1. Peluang karier ini sangat cocok untuk kamu yang lulusan SMA atau SMK, tapi bisa masak.

Untuk lulusan SMK jurusan Tata Boga, memasak pasti sudah tidak asing lagi. Jadi, kamu bisa menyalurkan bakat dan ilmu yang sudah dimiliki ke dunia kerja. Menjadi chef, koki atau juru masak di sebuah restoran, kafe, maupun hotel.

Siapa tahu, bakat tersebut membawamu untuk belajar memasak ke tingkat lebih tinggi, seperti sekolah kuliner terbaik di luar negeri dan menjadikanmu chef profesional atau salah satu chef terbaik di Indonesia.

 4. Konsultan Ritel

Pekerjaan menjadi konsultan ritel juga bisa kamu jajal. Tak perlu ijazah S1. Yang dibutuhkan adalah memiliki kemampuan menganalisis peluang bisnis, khususnya di bidang ritel. Di antaranya merekomendasikan informasi lokasi yang strategis maupun memberi pelatihan kepada mereka yang berencana membuka toko ritel.

Intinya adalah membantu seseorang mulai dari yang ingin membangun toko, mengembangkan toko dengan kebijakan harga, dan lainnya, serta membantu pengusaha meningkatkan penghasilannya dari bisnis tersebut.

 

3 dari 3 halaman

5. Technical Support

Lulusan SMA bekerja sebagai technical support? Bisa kok. Tugas kamu memberikan pemahaman kepada pelanggan terhadap produk atau jasa yang dijual perusahaan tempatmu bekerja.

Umumnya, pembeli akan bertanya mengenai spesifikasi produk atau jasa, kelebihannya apa dibanding produk lain, dan tugasmu adalah menjawab sesuai guidance yang telah ditetapkan perusahaan.

Tenang saja, biasanya perusahaan akan memberikan semacam pelatihan mengenai hal-hal tersebut sebelum kamu terjun langsung bertemu dengan pelanggan. Jadi, kamu punya bekal informasi seputar produk atau jasa yang dijual. Pengetahuan ini akan selalu di update jika ada produk baru.

Kerja Keras Kunci Keberhasilan Menapaki Karier

Apapun gelar pendidikanmu, jika tidak dibarengi dengan kerja keras, maka keberhasilan tak akan pernah mendekat. Oleh karena itu, meski hanya lulusan SMA atau SMK, teruslah optimistis dalam bekerja.

Percayalah bahwa kamu dapat meraih sukses suatu saat nanti. Naik jabatan, dan bergaji besar. Kuncinya adalah kerja keras dan pantang menyerah. Tidak mudah putus asa bila mengalami kegagalan. Buktikan mampu bersaing dengan mereka yang berpendidikan tinggi.