Sukses

5 Tips Nyaman Kerja dari Rumah untuk Cegah Penularan Corona

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini beberapa perusahaan sudah meminta kepada karyawannya untuk kerja dari rumah. Selain itu, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga sudah menjalankan kebijakan work from home (WFH).

Langkah ini untuk mencegah penyebaran virus Corona. Dengan tidak banyak bersinggungan dengan orang lain, penyebaran virus yang berasal dari Wuhan China ini bisa diminimalisir.

Namun, bekerja dari rumah tentu punya tantangannya tersendiri. Apakah itu jadi kurang produktif atau terganggu dengan anggota keluarga yang berisik. Karena itu, supaya bisa kerja dengan nyaman dan efektif, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Dikutip dari Swara Tunaiku, Senin (30/3/2020), berikut 5 cara agar nyaman kerja dari rumah:  

1. Menyiapkan ruang kerja

Agar nyaman dan efektif bekerja di rumah, kamu harus lebih dulu menyiapkan ruangan untuk bekerja. Namun, yang paling penting juga saat bekerja dari rumah adalah komunikasi dengan rekan atau tim kerja.

Menjaga komunikasi dengan rekan kerja dari jarak jauh itu perlu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan intens berkomunikasi lewat grup WhatsApp ataupun rapat virtual melalui Skype atau Zoom.

 

2 dari 5 halaman

2. Berpakaian rapi selama jam kerja

Walau bekerja dari rumah, kamu tetap wajib berpenampilan rapi. Jangan memakai baju tidur atau kaos oblong yang sudah belasan tahun. Jalani jam kerja seperti biasa.

Mandi serta berpakaian agar kamu segar. Selain itu, ini juga cara untuk menjaga kebersihan dan menunjukkan profesionalitas.

 

3 dari 5 halaman

3. Bekerja di ruangan yang minim gangguan

Namanya rumah, mungkin akan ada gangguan yang mengganggu konsentrasi bekerja. Karena itu saat mulai bekerja dari rumah, siapkan satu ruangan yang jauh dari gangguan. Hal ini penting untuk menjaga produktivitas kamu.

 

4 dari 5 halaman

4. Saling menjaga kesehatan mental

Saat bekerja dari rumah, bisa jadi kamu merasa jauh dari rekan-rekan kerja. Dampaknya, kamu jadi nggak semangat. Karena itu, selama bekerja dari rumah, usahakan agar melakukan hal-hal biasa bersama rekan kerja, walau melalui video conference.

Makan siang bersama-sama lewat video conference bisa jadi salah satu cara. Memang sih terdengar aneh, tapi ini bisa jadi menyenangkan dan jadi moodbooster untuk tetap semangat kerja setelah makan siang.

 

5 dari 5 halaman

5. Saling menyemangati

Walau terdengar sepele, saling menyemangati sesama rekan kerja berpengaruh terhadap mentalitas tim kerja. Apalagi saat situasi penyebaran virus corona yang semakin bertambah.

Karena itu, komunikasi yang intensif dan kata-kata positif sangat diperlukan, supaya kamu dan tim kantor bisa jauh-jauh dari perasaan terisolasi dan depresi selama social distancing berlaku.

Selama krisis, hal yang paling penting adalah mental. Karena itu, kamu juga harus tetap memperhatikan kesehatan mental saat bekerja dari rumah.

Semoga vaksin Corona cepat ketemu, sehingga kondisi dunia pulih. Kamu pun bisa kerja bareng rekan lagi!