Sukses

Permintaan Izin Usaha Justru Naik selama Wabah Corona Covid-19

Sebelum adanya wabah Corona, sektor yang paling banyak mengurus perizinan adalah perdagangan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meyebutkan perizinan usaha naik selama wabah virus Corona. Paling banyak adalah sektor kesehatan, sebab BKPM telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk memperlancar perizinan terkait kebutuhan kesehatan selama Corona.

"Kita pikir bahwa di tengah virus Corona itu tingkat pengusaha dalam mengurus izin itu menurun, ternyata tidak seperti itu," ujar Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, Senin (23/3/2020).

Bahlil menambahkan, pada saat pihaknya memutuskan untuk pelayanan online, pertumbuhan perizinan setiap harinya justru semakin meningkat.

"Pada hari ini, Nomor Induk berusaha (NIB) yang sudah mulai masuk itu 471 nomor. Kemudian jumlah komitmen ini terkait pemenuhan di Kementerian Lembaga itu 2.893 komitmen per jam setengah sebelas (10.30 WIB). Jadi ini real time," paparnya.

Kemudian ia melanjutkan, bahwa sebelum adanya Corona, sektor yang paling banyak mengurus perizinan adalah perdagangan. Setelah Corona masuk Indonesia, sektor kesehatan menyusul di urutan kedua sebagai sektor yang paling banyak mengurus perizinan.

"Saya ingin menyampaikan bahwa sebelum virus Corona, yang paling banyak mengeluarkan izin itu adalah perdagangan. Tapi begitu masuk virus Corona, yang mulai mengikuti di Departemen Kesehatan itu (sebelumnya) di urutan nomor 6 atau 7 sekarang naik di urutan nomor 2," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlancar Izin

Selama pandemi covid-19 berlangsung, BKPM memperlancar perizinan terkait dengan izin edar dan impor terhadap alat kesehatan ataupun kebutuhan-kebutuhan yang terkait dengan corona.

"Karena BKPM dan Kementerian Kesehatan sudah berkomitmen dalam rangka menghadapi persoalan corona makan bahan-bahan baku maupun barang-barang impor yang terkait dengan masyarakat itu kita memproriataskan secara langsung," ungkap Bahlil.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.