Sukses

BKPM Siapkan 3 Skenario Tekan Dampak Corona ke Investasi

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyatakan pihaknya tengah menyiapkan tiga skenario investasi tahun 2020 sebagai bentuk mitigasi dampak pandemi Corona di Indonesia.

Bahlil menyatakan ada tiga simulasi skenario realisasi investasi, optimis, moderat dan pesimis yang sudah disiapkan. Hal itu dibuat dengan membandingkan pergerakan investasi di triwulan I 2020 dengan triwulan I 2019.

"Nanti akan diumumkan lah akhir bulan ini. Sudah diajukan juga ke Presiden (skenario realisasi investasi)," kata Bahlil di Command Center BKPM, Senin (23/3/2020).

Untuk saat ini, Bahlil sendiri meminta agar seluruh izin usaha yang berkaitan dengan penanganan Corona dipercepat. Melalui Command Center BKPM, Bahlil memperlihatkan perkembangan izin usaha di sektor kesehatan, yang ada di Kementerian Kesehatan, merangkak naik dari peringkat 5 ke peringkat 2.

 

2 dari 3 halaman

Percepat Perizinan

Data BKPM di Command Center menunjukkan, hingga hari ini pemerintah telah mengeluarkan 1.482 izin edar alat kesehatan dan 1.255 sertifikat distribusi penyalur alat kesehatan.

Bahlil menyatakan, kondisi ekonomi saat ini mengharuskan pihaknya mempercepat proses izin, terutama yang berkaitan dengan alat-alat kesehatan.

"Kalau izin alat kesehatan mandeg, bisa langsung telepon saya. Nanti BKPM akan bantu meski kewenangan bukan di BKPM," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: