Sukses

Mitigasi Dampak Virus Corona, BI Turunkan Rasio GWM Valas dan Rupiah

Rasio Giro Wajib Minimum (GWM) Valuta Asing Bank Umum Konvensional dari semula 8 persen menjadi 4 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Meluasnya penyebaran virus corona ke berbagai negara, membuat Bank Indonesia mengeluarkan beberapa kebijakan demi menjaga stabilitas moneter dan pasar keuangan. Kebijakan lanjutan ini dibuat dalam rangka mitigasi risiko covid-19.

Salah satunya menurunkan rasio Giro Wajib Minimum (GWM) Valuta Asing Bank Umum Konvensional dari semula 8 persen menjadi 4 persen. Kebijakan ini berlaku mulai 16 Maret 2020.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, penurunan rasio GWM Valas tersebut akan meningkatkan likuiditas valas di perbankan sekitar USD 3,2 miliar. Tak hanya itu, kebijakan ini sekaligus mengurangi tekanan di pasar valas.

"Sehingga bank-bank bisa meningkatkan suplai valasnya dan stabil cost itu yang kami pastikan," kata Perry di Komplek Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Selain itu, Bank Indonesia juga menurunkan GWM Rupiah sebesar 50bps. Kebijakan ini ditujukan kepada bank-bank yang melakukan kegiatan pembiayaan ekspor-impor.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekspor Impor

Dalam pelaksanaannya kebijakan ini akan berkoordinasi dengan Pemerintah. Kebijakan ini diharapkan dapat mempermudah kegiatan ekspor-impor melalui biaya yang lebih murah.

"Kebijakan akan diimplementasikan mulai 1 April 2020 untuk berlaku selama 9 bulan dan sesudahnya dapat dievaluasi kembali," tutur Perry.

Kebijakan ini sangat diperlukan ditengah dampak virus corona yang merambah ke dunia usaha. Proses ekspor-impor menjadi salah satu sektor ikut terdampak.

Diharapkan dengan kebijakan ini bisa membantu mempermudah ekspor-impor. Agar, perbankan bisa memberikan biaya ekspor-impor lebih murah.

"Bank bisa kasih biaya ekspor dan impor lebih murah karena mereka (pelaku usaha) mengalami dampak dari covid-19," kata Perry mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.