Sukses

Mengenal 5 Orang Terkaya Dunia

Mark Zuckerberg menjadi miliarder termuda di antara orang terkaya dunia yang selalu masuk dapat paling atas.

Liputan6.com, Jakarta CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg memecahkan rekor dengan menjadi miliarder termuda di dunia. Ketenarannya tetap unggul meski dia sempat terkena skandal dan penurunan pendapatan dalam beberapa tahun terakhir.

Zuckerberg menjadi miliarder termuda, bersama deretan nama yang selalu masuk daftar orang paling kaya dunia. Bergabung bersama dua orang yang bisa dibilang berumur di atasnya, seperti Amancio Ortega dan Warren Buffet.

Berikut inilah lima miliarder dimaksud, seperti melansir laman The Richest dan Bloomberg:

5. Amancio Ortega

Nilai kekayaan: USD 76 miliar atau Rp 1.055 triliun

Dia dikenal sebagai miliarder pendiam yang sekarang sedang menikmati masa pensiun. Ia dikenal hidup sederhana dan sedikit menampilkan diri ke publik, meskipun menjadi orang terkaya ke-5 di dunia.

Amancio Ortega adalah pendiri dan pemilik 59,29 persen dari grup Inditex, sebuah perusahaan mode. Ia mendirikan perusahaan pertamanya, Confecciones Goa, yang memproduksi jubah mandi berkualitas. Dia juga membuka toko ritel bernama Zara yang menjual busana-busana perancang.

Inditex terus mendominasi industri fashion, dengan lebih dari 4.000 toko di 70 negara. Pada 2011, ia mengundurkan diri sebagai ketua Inditex tetapi mempertahankan kepemilikan grup.

4. Warren BUffet

Nilai kekayaan: USD 89 miliar atau Rp 1.235 triliun

Bisnis pertamanya adalah menyewakan mesin pinball ketika dia berusia 14 tahun. Setelah kuliah, Buffet bekerja di perusahaan mentornya, Benjamin Graham. Di sini, dia mendapatkan keterampilan dalam analisis keamanan. Buffet menghasilkan jutaan dolar pertamanya dengan membeli saham perusahaan Sanborn yang berkinerja buruk.

Dia kemudian mengubah pendekatan dan berkelana ke sektor asuransi. Dia pun menjadi miliarder setelah membeli National Indempty pada tahun 1996.

Penerapannya yang unik pada filosofi Graham dalam melakukan investasi yang akurat dan tepat waktu adalah kunci keberhasilannya.

Dia juga telah pensiun, dan ikut dalam kehidupan filantropi yang memberikan miliaran untuk amal. Dia bahkan menjanjikan USD 35 miliar untuk amal dalam wasiatnya.

 

Reporter: Danar Jatikusumo

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bernard Arnault

Nilai kekayaan: USD 106 miliar atau Rp 1.472 triliun

Orang terkaya di Eropa adalah raja merek mewah yang membangun seluruh kerajaan dari awal. Miliarder Perancis saat ini berdiri sebagai orang terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan bersih USD 111 miliar mengalahkan Bill Gates untuk saat ini.

Bernard Arnault memiliki kerajaan LVMH, dengan lebih dari 70 merek mewah atas namanya. Masuknya ke pasar real estat digembar-gemborkan oleh penjualan perusahaan konstruksi ayahnya. Keduanya memulai perusahaan baru, Férinel, yang menyediakan layanan akomodasi khusus.

Pada 1979, dia adalah presiden perusahaan. Arnault kemudian mengakuisisi Financière Agache mengambil alih perusahaan yang memiliki Christian Dior dan Le Bon Marché.

Dia mendiversifikasikan investasinya untuk memasukkan merek perhiasan seperti Bulgari, TAG Heuer, dan De Beers. Saat ini, anak-anaknya mengawasi perusahaannya. Putrinya, Delphine, adalah presiden Luis Vuitton.

2. Bill Gates

Nilai kekayaan: USD 113 miliar atau Rp 1.569 triliun

Setelah memberikan hampir USD 30 miliar untuk amal, Bill Gates, tetap masuk dalam daftar miliarder dunia. Sebelum Jeff Bezos menyusulnya, dia telah mempertahankan posisi sebagai orang terkaya di dunia selama lebih dari satu dekade.

Sebagai remaja yang terobsesi dengan teknologi, Bill Gates mengembangkan minat pada komputer dan mulai belajar coding. Dia keluar dari Harvard setelah menyadari bahwa itu bukan jalannya.

Setelah menulis dan menjual bahasa komputer dasar ke Altair, ia mendirikan Microsoft pada tahun 1975 dengan Paul Allen, seorang penggila komputer.

Pada tahun 1983, Microsoft telah menjadi global dengan penghasilan lebih dari USD 16 juta, dan tiga tahun kemudian, Gates menjadi miliarder termuda pada usia 31 tahun. Ciptaannya sejak itu telah membentuk penggunaan perangkat elektronik lebih dari siapa pun.

Setelah menikmati puluhan tahun ketenaran sebagai CEO, ia telah memutuskan untuk fokus pada filantropi. Dia bahkan menjual dan menyerahkan hampir semua sahamnya di Microsoft dengan mempertahankan hanya 1%, meskipun ia masih menjadi citra perusahaan.

 

3 dari 3 halaman

1. Jeff Bezos

Nilai Kekayaan: USD 115 Miliar atau Rp 1.597 triliun

Siapa yang kehilangan USD 46 miliar karena perceraian namun tetap menjadi orang terkaya di dunia?. Sangat sederhana, jika Anda menjalankan raksasa ritel monopolistik dunia, Anda menghasilkan uang dengan setiap klik tombol check out.

Bezos sudah menjadi jutawan saat bekerja di DE Shaw & Co, sebagai Wakil presiden bankir investasi Wall Street. Dia kemudian memutuskan untuk menjual buku di platform online. Berhenti dari pekerjaannya, dan pindah ke Seattle pada tahun 1994 untuk memulai bisnisnya sendiri.

Kewirausahaan tidak sesederhana yang ia bayangkan, tetapi pertaruhannya terbayar dan pada tahun 1995, saat toko buku terbesar di dunia, Amazon, meluncur.

Bisnis Bezos telah berkembang dengan pesat. Meskipun perceraiannya baru-baru ini mengurangi kekayaan bersihnya sebesar USD 46 miliar menjadi USD 131 miliar pada Maret 2019, ia masih menjadi orang terkaya di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mark Zuckerberg adalah salah satu miliarder yang berasal dari Amerika Serikat.

    Mark Zuckerberg

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder