Sukses

Program B30 Akan Diluncurkan Bulan Ini

B30 sudah mulai tersedia di sebagian Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) mulai bulan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan, program bahan bakar biodiesel 30 persen atau B30 akan diluncurkan lebih cepat pada Desember 2019.

Ini sejalan dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) terdahulu yang memproyeksikan program B30 bisa diluncurkan pada 20 Desember, untuk kemudian diterapkan mulai 1 Januari 2020.

"(B30) akan di-launching akhir Desember. Mungkin minggu-minggu terakhir akan di-launching B30," ujar Arya saat ditemui di Novotel Hotel Cikini, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Dengan begitu, ia melanjutkan, B30 sudah mulai tersedia di sebagian Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) mulai bulan ini.

"Udah implementasi sebagian. Nanti mulai akan tersedia di SPBU Desember ini," jelas dia.

Namun untuk kepastian, Arya meminta agar seluruh pihak bersabar hingga Jokowi benar-benar resmi meluncurkan program B30 kepada publik.

"Tapi itu informasinya ya. Kita tunggu saja launching Pak Jokowi akan kapan," tukas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijalankan Tahun Depan

Sebelumnya, pada Senin (9/12/2019) kemarin, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati juga telah memastikan program B30 akan siap dijalankan di berbagai SPBU mulai tahun depan.

"Sudah kami sampaikan ke pak Presiden (Jokowi) soal kesiapan penerapan B30 dari Pertamina. Semuanya sudah siap penerapan B30 di semua SPBU," ujar Nicke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.