Sukses

4 Jenis Investasi yang Kelihatan Hasilnya dalam Jangka Pendek

Liputan6.com, Jakarta Melakukan inventasi, baik jangka panjang maupun jangka pendek akan bisa bikin kaya raya jika Anda tau strateginya. Semua inventasi memberikan Anda keuntungan, asal Anda tahu bagaimana caranya.

Setidaknya cara memilih instrumen inventasi yang tepat dan kapan waktu membeli investasi tersebut. Perlu ketelitian dan logika dalam melakukan inventasi, jika Anda pandai melakukan investasi, maka Anda akan mendapat keuntungan.

Namun jika Anda tidak pandai bermain inventasi, maka Anda akan mendapat kerugian. Jadi dalam mengambil investasi, Anda harus mengambil langkah dengan hati-hati dan sudah memiliki keyakinan akan investasi tersebut. 

Menurut waktunya, investasi terbagi dalam dua masa, yaitu investasi jangka panjang dan jangka pendek. Bagi Anda yang merasa masih pemula dan belum banyak mengenal tentang investasi, jangan segan untuk mempelajarinya.

Investasi jangka pendek dan jangka panjang, keduanya sama-sama memberikan keuntungan bagi bila melakukan dengan cara yang tepat. 

Investasi jangka pendek ini biasanya untuk beberapa bulan atau tahun saja, sedangkan investasi jangka panjang bisa berpuluh-puluh tahun.

Tapi bukan berarti investasi jangka pendek kurang menguntungkan ketimbang jangka panjang. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut investasi yang bisa dirasakan atau kelihatan hasilnya dalam jangka pendek.

1. Investasi P2P Lending

Peer to peer lending bisa jadi pilihan investasi bagi generasi sekarang yang dekat dengan teknologi. Karena inventasi ini cukup mudah dilakukan dan hanya perlu modal Rp100 ribu saja sudah bisa melakukan investasi di P2P Lending

Bahkan investasi ini cukup mudah dilakukan buat para pemula yang ingin melakukan investasi jangka pendek, namun menguntungkan. P2P Lending adalah situs yang memberikan fasilitas pemberi pinjaman dan peminjam, dan Anda bisa memilih jadi pemberi pinjaman atau investor. 

P2P Lending juga berani memberikan return sebesar 30 persen dan ada juga yang memberikan return belasan persen. Namun yang tak boleh luput dari perhatian adalah pelajari tips investasi P2P Lending

2 dari 4 halaman

2. Investasi di Reksa Dana

Reksa dana hampir sama dengan P2P Lending. Reksa dana adalah salah satu investasi yang diminati oleh masyarakat. Karena investasi ini menguntungkan dan Anda hanya perlu modal sedikit untuk memulai investasi, hanya Rp100 ribu pun Anda akan dapatkan keuntungan investasi reksa dana.

Bagi yang khawatir uang Anda akan hilang atau lenyap, atau takut reksa dana adalah investasi bohongan. Tak perlu takut karena dana yang Anda berikan akan dikelola manager investasi. 

Sehingga sebagai investor pemula, yang mungkin belum paham betul pergerakan investasi, tak usah khawatir karena Anda tak perlu melakukan apapun. Anda hanya perlu duduk manis dengan secangkir kopi melihat investasi bertambah setiap waktu. 

3. Investasi di Deposito

Salah satu instrumen investasi jangka pendek yang membawa keuntungan untuk Anda adalah deposito. Deposito adalah investasi jangka pendek yang paling terkenal di kalangan masyarakat. 

Dikarenakan deposito memiliki risiko yang kecil dan keuntungan dari investasi kita adalah 4-8 persen, dan juga deposito ini juga dijamin oleh Lembaga Peminjaman Simpanan (LPS). Hal ini membuat deposito menjadi pilihan pertama investasi jangka pendek yang sangat menguntungkan. 

Tetapi jangan mengira bahwa deposito akan selalu memberi keuntungan. Jika tak tahu cara bermain investasi yang benar, Anda bisa dikenakan biaya penalti karena mengambil dana sebelum jatuh tempo. Maka dari itu, ambillah tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda. 

3 dari 4 halaman

4. Investasi di Tabungan Berjangka

Untuk dapat mengikuti deposito, maka Anda perlu menyetor minimal Rp5 juta bahkan Rp10 juta ke bank di awal pembukaan deposito. Dan jelas ini adalah hal yang berat bagi yang berpenghasilan rendah, jadi Anda yang tidak bisa memilih deposito, bisa memilih tabungan berjangka. 

Bagi Anda yang ingin konsisten menabung, maka tabungan berjangka ini adalah solusinya. Sebab dana di rekening bank Anda akan ditarik secara otomatis oleh bank untuk dimasukkan dalam tabungan berjangka.

Tabungan berjangka adalah pilihan yang tepat juga untuk Anda yang mengalami kesulitan dalam menabung atau menyisihkan uang setiap bulannya. Karena jika memilih tabungan berjangka, Anda akan dipaksa harus menabung setiap bulannya dan itu adalah hal baik untuk keuangan Anda.

Lakukan Sekarang Juga dan Nikmati Hasilnya Kemudian

Pilihlah salah satu dari beberapa intrumen investasi di atas dan nikmati hasilnya di kemudian hari dengan cara yang tepat.

Saat Anda sudah menentukan pilihan di atas yang dirasa cocok, sebaiknya jalani dengan sungguh-sungguh agar hasil yang didapatkan bisa maksimal dan sesuai dengan keinginan Anda.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Suka Rumah Banyak Pohon? Cari Tahu Dulu Untung-ruginya
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal Menabung, Ini Cara yang Benar Biar Lebih Untung