Sukses

Kamu Jomblo Makmur atau Tidak, Simak Ciri-cirinya

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi jomblo dan ‘bebas’ dari berbagai aktivitas bersama pacar, sebagian besar orang beranggapan bahwa keuangan tentu akan lebih aman.

Jomblo tidak perlu memiliki bujet khusus untuk makan di luar bersama pacar, menonton ke bioskop, atau bahkan membelikan hadiah di momen-momen penting pacar.

Jika dilihat sepintas saja, maka menjadi seorang jomblo tentu akan bisa membuat kondisi keuangan tampak lebih hemat dan teratur, bukan?

Pada kenyataannya, status jomblo tidaklah selalu identik dengan kondisi keuangan yang sehat dan stabil. Kondisi keuangan bahkan bisa saja jauh leih buruk, jika ternyata Anda termasuk jomblo yang tidak memiliki kemampuan baik dalam mengelola keuangan sendiri. 

Alih-alih menghemat lebih banyak uang, pengeluaran bahkan bisa lebih membengkak jika ternyata banyak melakukan aktivitas yang tidak produktif, seperti nongkrong dengan teman-teman setiap malam, belanja gila-gilaan setiap akhir pekan, terlalu banyak traveling yang tidak direncanakan, serta lainnya.

Jika tidak dihentikan, maka bukan tidak mungkin Anda akan menjadi jomblo yang memiliki masalah dengan keuangan.

Lalu, apakah saat ini Anda termasuk jomblo yang punya uang atau tidak? Untuk mengetahuinya, cek tandanya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Gaji Hanya Numpang Lewat dan Habis di Tengah Bulan

Baru saja gajian minggu lalu, namun minggu ini sudah kahabisan uang. Tentu saja ini merupakan kondisi keuangan yang sangat buruk. Jika gaji hanya numpang lewat dan langsung menguap dalam sekejap, maka Anda akan mengalami masalah keuangan sepanjang waktu.

Pengelolaan keuangan yang buruk seperti ini bisa saja muncul akibat berbagai kebiasaan Anda yang tidak sehat selama menjomblo, misalnya terlalu banyak belanja, sering kongko, pesta, makan di luar, dan berbagai aktivitas lainnya yang memboroskan banyak uang.

2 dari 4 halaman

2. Tidak Punya Dana Darurat

Orang yang sudah bekerja harus memiliki dana darurat, terutama jika Anda memiliki tanggungan. Jika pos ini tidak ada di dalam anggaran, maka kondisi keuangan tentu tidak sehat dan teratur.

Dana darurat menjadi pos yang penting dan wajib di dalam keuangan. Sebab dana ini akan sangat membantu Anda mengatasi berbagai pengeluaran darurat yang bisa terjadi kapan saja.

3. Tidak Mampu Pergi Berlibur

Bekerja dan mengumpulkan uang memang penting, namun menikmati hasilnya juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Berlibur adalah salah satu cara untuk menikmati hasil kerja, bahkan di saat kamu jomblo sekalipun.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati liburan, mulai dari yang hemat hingga paket mewah. Namun jika Anda bahkan tidak memiliki kemampuan keuangan untuk berlibur, maka bisa dipastikan kondisi keuangan tidak sehat.

3 dari 4 halaman

4. Selalu Berutang dan Menunggak Utang

Memiliki banyak utang dan tunggakan di dalam keuangan, kondisi ini juga mengindikasikan jika keuangan Anda tidak baik-baik saja.

Bukan hanya kondisi keuangan saja yang tidak aman, namun hubungan Anda dengan teman atau bahkan kerabat yang menjadi tempat Anda berutang bisa saja menjadi buruk.

Terlebih lagi jika Anda hanya mendekati mereka ketika ada maunya alias sedang butuh uang saja. Tentu hal ini akan semakin memperburuk hubungan Anda dengan teman maupun saudara, bukan?

5. Kerja Bertahun-tahun Tidak Punya Tabungan

Tabungan tidak selalu harus punya penghasilan yang besar. Berapapun jumlah gaji Anda, seharusnya Anda menyisihkannya sebagian untuk dana tabungan.

Agar lebih mudah, jumlahnya bisa Anda tentukan sejak awal, misalnya sebesar 10 persen dari gaji yang diterima setiap bulannya. Jika ini tidak bisa Anda lakukan di dalam keuangan, artinya kondisi keuangan Anda sedang tidak baik.

4 dari 4 halaman

6. Menggunakan Kartu Kredit Melebihi Batas Limit

Terlalu sering menggunakan kartu kredit hingga melebihi batas limit yang diberikan bank penerbit kartu tentu tidaklah bijak.

Bukannya menguntungkan, tidak menutup kemungkinan malah merugikan bila setiap gajian tiba, uang langsung habis untuk membayar tagihan kartu kredit.

7. Keuangan Selalu Tekor setiap Bulan

Tidak menikmati hasil kerja dengan maksimal, Anda malah mengalami masalah keuangan sepanjang waktu. Keuangan selalu tekor dan Anda kesulitan memenuhi berbagai kebutuhan dengan baik, kondisi ini akan membuat hidup Anda berantakan dan bermasalah setiap bulannya.

Nikmati Waktu dan Keuangan yang Sehat dengan Cerdas

Menjadi jomblo yang memiliki kondisi keuangan baik dan sehat bukan hanya sekadar cita-cita saja. Anda bisa mewujudkannya, jika sejak awal bisa mengelola keuangan dengan tepat.

Segera cek dan atur kembali keuangan dengan baik, sehingga Anda bisa menikmati waktu jomblo dengan kondisi keuangan yang sehat dan stabil sepanjang waktu.