Sukses

Fokus Wishnutama jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Liputan6.com, Jakarta - Wishnutama Kusbandio hari ini resmi dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju Periode2019-2024 menggantikan Arief Yahya. Dia mengatakan akan fokus meningkatkan krreativitas dan daya tarik pariwisata Indonesia.

Dia mengungkapkan Presiden Jokowi secara khusus telah meminta dirinya untuk meningkatkan devisa dari sektor pariwisata. Oleh karena itu, industri wisata RI harus ditingkatkan kualitasnya tidak hanya destinasi namun juga kualitas SDM serta wisatawan itu sendiri.

Dia menjelaskan salah satu cara meningkatkan daya tarik wisata dalam negeri adalah dengan menggelar event-event atau festival yang berkesan. Event wisata tersebut dibuat sedikit namun berkualitas sehingga mampu menggaet wisatawan asing untuk berkunjung.

"Event itu harus dipikirkan, tidak sekadar banyak sehingga membuatwisatawan ingin datang lagi. Wisatawan juga harus berkualitas dalamartian pengeluarannya," kata Wishnutama usai mengikuti Upacara SerahTerima Jabatan, di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Rabu (23/10).

Namun dia menegaskan bukan berarti akan memangkan event yang saat ini sudah ada dalam Calendar of Event yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun setiap acara atau destinasi harus mampu memberikan dampak ekonomi yang nyata.

Wishnutama menyatakan kinerja Arief Yahya selaku Menpar sebelumnya sudah baik. Sehingga dirinya melanjutkan beberapa program yang telah ada. Serta dilengkapi beberapa kebijakan lanjutan yang matang.

"Saya harus pelajari dulu semuanya sehingga saya tahu harus bagaimana. Tapi yang pasti apa yang dilakukan Pak Arief sangat luas biasa makanya tanggung jawab sayamakin berat. Tentu saya melanjutkan apa yang sudah ada. Mempercepat, memperbaiki, dan meningkatkan dengan pemikiran lain yang berbeda," ujarnya.

Selain itu, pariwisata Indonesia juga harus mampu bersaing di kancah internasional. Namun pengelolaannya tetap mengacu pada kearifan lokal.

"Kemampuan kreativitas kita harus lebih baik. Daya tarik itu kitaciptakan. Merawat pemberian Tuhan, mengolah destinasi menjadi penopang kreativitas wisata," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 4 halaman

Profil Wishnutama, Menteri Pariwisata Kabinet Indonesia Maju

Wishnutama, yang dikenal berkat tangan dinginnya memimpin NET TV, menyambangi Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Wishnutama sebelumnya tidak punya pengalaman apa pun di dunia politik dan pemerintahan, tapi diduga kuat akan menjadi menteri di Kabinet Jokowi jilid II.

Pengusaha kelahiran 4 Mei 1976 di Kota Jayapura, Papua, ini mengenyam bangku pendidikan di Kooralbyn International School di Queensland Australia dan International School of Singapore.

Tak cukup, dirinya kemudian melanjutkan perkuliahannya di Liberal Arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat. Kemudian, Wishnutama fokus belajar tentang ilmu komunikasi dan pertelevisian dengan berkuliah di Emerson College, Boston.

Kariernya di dunia media dan broadcasting dimulai sebagai Production Assistant di New England Cable News AS dan menjadi Assistant Director on Air Promotion di WHDH-TV, Boston, AS.

Kemudian dia pulang pada tahun 1994 dan bekerja di Indosiar sebagai Supervisor On Air Promotion. Setahun kemudian, dia pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant.

Karena kecakapannya, dirinya diangkat menjadi Executive Producer News dan Production Division. Tak lama kemudian, menteri Jokowi ini langsung menjadi Production Manager. Programnya yang sukses antara lain Pesta, Gebyar BCA, Patroli dan lainnya.

3 dari 4 halaman

Pindah ke Trans TV

Pada tahun 2001, dirinya pindah ke Trans TV sebagai Kepala Divisi Produksi. Dia menjadi Direktur Operasional dua tahun kemudian, dan menjadi Wakil Dirut (Managing Director) setahun berikutnya.

Dia juga ditunjuk menjadi Dirut TV7 yang kemudian berubah nama jadi Trans 7. Dua tahun kemudian, dia ditunjuk lagi menjadi Dirut Trans TV.

Wishnutama, dengan segala pengalamannya, mencoba peruntungan dengan mendirikan stasiun televisi News and Entertainment Television (NET TV). Meski diwarnai kontroversi, stasiun televisi tersebut masih beroperasi seperti biasa.

Tak lupa, pada 2018, Wishnutama berkontribusi menyukseskan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 dengan menjadi salah satu kreatornya. Hal ini membuat namanya semakin diperbincangkan.

Kini, Wishnutama didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabinet Jokowi jilid II. Dia mengaku akan bekerja untuk negara dengan baik.

"Meskipun tidak bercita-cita jadi menteri, tapi demi kebaikan bangsa, saya bersedia (menjadi menteri)," tuturnya. 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Wishnutama Beri Ucapan Selamat Film Milea: Suara Dari Dilan 
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Bakal Bangun Rencana Induk Pariwisata Nasional Terpadu