Sukses

Pengelola Bandara Soetta Ingin Rekrut Disabilitas Jadi Karyawan

Penyandang disabilitas dapat berkontribusi pada keberagaman yang bisa meningkatkan pelayanan kepada para penumpang pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) berencana merekrut penyandang disabilitas untuk bekerja di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Penyandang disabilitas nantinya akan bekerja di terminal penumpang pesawat, atau tepatnya sebagai personil Information Center, Customer Service, atau iMate Lounge (i-Millennial Airport Travel Experience Lounge).

Sebagai permulaan, bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional 4 September, sebanyak 4 orang penyandang disabilitas melakukan kunjungan ke Terminal 2 dan 3 untuk mengetahui standar pelayanan kepada penumpang di Soekarno-Hatta. Setelah kunjungan ini, selanjutnya akan dibahas lebih lanjut terkait tugas pokok dan fungsi mereka dalam bekerja di terminal.

SVP of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero) Deni Krisnowibowo mengatakan, pada tahap awal ini perseroan akan merekrut 5 orang penyandang disabilitas.

“Dalam waktu dekat kami akan merekrut penyandang disabilitas dan rencananya mereka akan ditugaskan sampai akhir tahun. Selanjutnya kami akan menawarkan kepada mereka untuk bergabung bersama AP II,"ujar Deni, saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soetta, Rabu (4/9/2019).

Hal ini lantaran, penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk bisa bekerja di sektor pelayanan publik. Sementara, salah seorang penyandang disabilitas yang berkunjung ke Terminal 3 Soekarno-Hatta, Catur Sigit Nugroho yang saat ini menggunakan kursi roda, mengaku saat ini juga bekerja di Kementerian Perhubungan.

Catur Sigit Nugroho mengatakan fasilitas yang ada di Soekarno-Hatta sudah memadai bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja di sini. “Saya bisa menginformasikan kepada teman-teman disabilitas, kalau fasilitas di sini [Soekarno-Hatta] sudah memadai bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja di sini,” jelasnya.

Catur juga mengapresiasi Angkasa Pura II yang memiliki rencana untuk merekrut pegawai peyandang disabilitas. Dia bersama kawan-kawan disabilitas lain diminta bantuan untuk memetakan perekrutan tersebut.

“Kebetulan Angkasa Pura II meminta kami untuk membantu pemetaan, mapping guna merekrut karyawan disabilitas,” jelas Catur Sigit Nugroho.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkontribusi

Sementara itu, VP of Airport Global Service Angkasa Pura II Anindita Galuh Wardhani menuturkan penyandang disabilitas dapat berkontribusi pada keberagaman yang bisa meningkatkan pelayanan kepada para penumpang pesawat di terminal.

“Penyandang disabilitas membutukan kesempatan bekerja, yang terkadang sulit mereka dapatkan. Di Bandara Soekarno-Hatta fasilitas sudah sangat mendukung bagi penyandang disabilitas untuk bekerja penuh waktu, karena itu kesempatan kerja pun harus dibuka,” katanya.

Anindita meyakini, standar pelayanan di Soekarno-Hatta akan semakin meningkat dengan bergabungnya penyandang disabilitas sebagai personil frontliners.

Adapun kunjungan penyandang disabilitas sengaja dilakukan bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, di mana hari ini adalah momentum yang menjadi pemompa semangat perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Berkaitan dengan Hari Pelanggan Nasional, seluruh bandara di bawah pengelolaan Angkasa Pura II menggelar program Customer Happiness.

Angkasa Pura II saat ini mengelola 16 bandara yang tersebar di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Pada Hari Pelanggan Nasional ini masing-masing bandara memperkenalkan kearifan lokal setempat kepada para penumpang pesawat melalui antara lain kesenian, makanan, dan baju adat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.