Sukses

Mau Sukses di Tempat Kerja? Ini 4 Keterampilan Sosial yang Anda Butuhkan

Berikut 4 keterampilan sosial penting yang Anda butuhkan untuk sukses di tempat kerja

Liputan6.com, Jakarta Keterampilan sosial adalah keterampilan yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses dalam karier Anda.

Kabar baiknya adalah keterampilan sosial dapat dipelajari dan ditingkatkan dengan latihan. Jadi, jika Anda tidak bergaul dengan baik dengan orang lain, kurangnya keterampilan sosial dapat menjadi alasannya.

Anda perlu berinteraksi dengan mereka untuk melanjutkan hidup Anda. Oleh karena itu, mulailah menerapkan keterampilan sosial di bawah ini ke rutinitas harian Anda sedini mungkin, sehingga Anda dapat berhasil baik di tempat kerja maupun di kehidupan sehari-hari Anda.

Dikutip dari Laruno.id, berikut 4 keterampilan sosial penting yang Anda butuhkan untuk sukses di tempat kerja:

1. Empati

Kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dan memahami perasaan mereka adalah keterampilan yang sangat penting di dunia saat ini.

Jika Anda mendengarkan kekhawatiran dan perasaan orang lain dan menempatkan diri Anda pada posisi mereka, Anda benar-benar dapat memahaminya.

Dengan cara ini, Anda menciptakan solusi yang lebih baik untuk masalah karena Anda memahami apa yang orang lain inginkan dan butuhkan.

Juga, jangan lupa bahwa penting untuk memperlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Cara berpikir seperti ini selalu memberi Anda hasil positif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mendengarkan

Jangan hanya mendengarkan, jadilah pendengar yang aktif. Ini berarti Anda sepenuhnya terlibat saat seseorang berbicara.

Lakukan kontak mata dengan pembicara, mengangguk ketika Anda setuju dan mengajukan pertanyaan ketika Anda membutuhkan klarifikasi.

Dengarkan apa yang dikatakan orang lain tanpa interupsi, luangkan waktu untuk berpikir, bentuk tanggapan dan kemudian jawab.

Setelah Anda terbiasa mendengarkan orang lain seperti ini, Anda akan segera melihat perbedaan positif.

3. Menjadi positif

Sapa rekan kerja Anda ketika Anda datang bekerja di pagi hari dengan senyum di wajah Anda. Jika Anda positif, orang lain juga akan bersikap positif terhadap Anda. Jangan ragu untuk menggunakan kata "tolong" dan "terima kasih."

Tentunya jangan biarkan orang lain mengambil keuntungan dari perilaku baik Anda, ketahui batas Anda dan sejauh mana Anda bertindak.

3 dari 3 halaman

4. Kerja sama

Kerja tim sangat penting dalam perusahaan, Anda harus bisa bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, penting bahwa setiap orang memahami apa yang diharapkan darinya.

Jika seseorang gagal memenuhi tanggung jawab mereka dalam sebuah tim, maka ini dapat berdampak pada kesuksesan keseluruhan proyek.

Untuk alasan ini, pastikan setiap anggota tim tahu apa yang harus dilakukan termasuk diri Anda sendiri. Juga, bantu rekan kerja Anda bila perlu karena Anda berjuang untuk tujuan yang sama.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini