Sukses

Trik Jitu Siasati Tagihan Bulanan Bersama Pasangan

Liputan6.com, Jakarta - Saat berkomitmen untuk menjalin hidup berumah tangga, sudah pasti Anda harus memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup bersama pasangan. Untuk itu, Anda dan pasangan hendaknya punya pekerjaan yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah guna memenuhi kebutuhan berumah tangga.

Dalam membina kehidupan rumah tangga, Anda pasti memiliki beberapa tagihan yang harus dilunasi dengan segera. Beberapa tagihan tersebut bahkan akan semakin membengkak saat deadline pembayarannya Anda lewati.

Tagihan seperti kebutuhan sekolah, sewa rumah, hingga keperluan listrik, air, dan telepon pasti Anda miliki. Bagi Anda yang memiliki utang, tentunya memiliki beban tambahan dengan harus melunasi tagihan tersebut sebelum jatuh tempo.

Meski umum dimiliki oleh kebanyakan masyarakat, dalam proses pelunasan tagihan-tagihan tersebut tentu bisa jadi Anda mendapat kendala yang sulit diprediksi, sehingga tidak bisa membayarnya tepat waktu. Berikut trik jitu menyiasati tagihan bulanan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Menyiasati Beban Tagihan Sekolah Anak

Bagi Anda yang memiliki keturunan, biaya untuk keperluan sekolah mereka tentu harus disiapkan dengan baik. Jika tidak, kewajiban Anda dalam memberikan pendidikan yang memadai pada anak bisa jadi tidak terpenuhi.

Meski ada yang gratis, sebagian besar sekolah masih mengharuskan orang tua untuk melunasi uang sekolah, atau biasa disebut uang pangkal agar sang anak bisa mengenyam pendidikan. Tanpa membayar tagihan tersebut, bisa jadi pihak sekolah akan menghapus status kesiswaan anak Anda.

Saat belum mampu melunasi uang sekolah, hal yang dapat Anda lakukan adalah meminta penundaan pembayaran. Pihak sekolah tentu akan merasa maklum dan mengabulkan permintaan tersebut saat Anda berkata jujur dan apa adanya. 

Dengan alasan yang kuat, bukan tak mungkin pihak sekolah akan menurunkan beban tagihan yang harus Anda bayarkan. Bahkan, jika memang rezeki, anak Anda mungkin saja akan ditawari beasiswa saat pendidikannya di sekolah cukup membanggakan. 

Alternatif lain yang juga cukup efektif membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak adalah dengan cara mendaftar pada program asuransi ataupun tabungan pendidikan. Dengan memiliki salah satu dari dua hal tersebut, kebutuhan pendidikan anak Anda pasti akan dapat terpenuhi hingga tuntas, meski saat hal yang tidak diinginkan terjadi sekalipun.

2 dari 3 halaman

2. Meminta Keringanan Uang Sewa

Mirip dengan saat meminta keringanan uang sekolah, Anda wajib memberitahukan masalah keterlambatan pembayaran uang sewa dengan pemilik rumah atau gedung. Dengan terbuka dengan masalah tersebut, pemilik bangunan pasti akan merasa lebih legowo daripada tanpa kabar Anda menunggak pembayaran.

Pastikan juga alasan ketidak-sanggupan membayar Anda adalah alasan yang meyakinkan dan tidak dibuat-buat. Dengan begitu, biasanya pemilik rumah akan memberikan Anda kesempatan untuk bisa melunasi tagihan sewa tersebut. 

Tapi, jangan jadikan kesempatan tersebut sebagai momen aji mumpung. Anda juga harus bisa memiliki komitmen untuk bisa melunasi uang sewa tersebut dengan segera dan tidak membuat si pemilik rumah kecewa. 

Saat meminta pengunduran membayar tagihan juga usahakan tidak terlalu mepet dengan deadline yang telah disetujui. Alasannya, tentu agar yang bersangkutan memiliki waktu untuk mempersiapkan kondisi keuangan disaat Anda belum mampu membayar.

Jadi, saat Anda memberitahukan jauh-jauh hari perihal keterlambatan pembayaran uang sewa, kemungkinan si pemilik rumah untuk memberi keringanan juga menjadi semakin tinggi.

3. Minta Perpanjangan Pembayaran Tagihan Kredit atau Utang

Berbeda dengan dua tagihan sebelumnya, tagihan dari kredit atau utang yang Anda miliki tentu tidak bisa diundur pelunasannya. Baik kartu kredit maupun kredit rumah dan kendaraan pasti akan memberi Anda sanksi denda saat pembayaran melebihi deadline.

Untuk bisa menyiasatinya, Anda perlu mengajukan perpanjangan masa durasi utang tersebut. Dengan mendapat masa yang lebih panjang dalam melunasi utang, beban tagihan yang harus Anda lunasi setiap bulannya akan menyusut.

Hal ini tentu dapat Anda lakukan disaat kondisi keuangan sedang memburuk. Meski lama waktu dalam melunasi utang menjadi bertambah, bunga yang lebih ringan pasti dapat memudahkan Anda dalam melakukan proses pelunasannya.

Jadi, jangan ragu untuk memperpanjang durasi utang Anda agar beban tagihan yang harus dibayar setiap bulan menjadi lebih terjangkau.

3 dari 3 halaman

4. Melunasi Tagihan Rumah Sakit

Untuk bisa meringankan beban biaya rumah sakit, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajukan asuransi kesehatan. Ada beragam penyedia asuransi kesehatan dengan beragam kelebihan dan kekurangan.

Agar mendapatkan keuntungan yang terbaik, pilih program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Salah satu yang paling umum dipilih adalah program asuransi kesehatam milik pemerintah, BPJS kesehatan.

Dengan iuran yang lebih terjangkau, BPJS kesehatan tetap dapat memberikan bantuan finansial untuk membayar tagihan rumah sakit dengan cukup baik. Karena batas waktu pembayaran tagihan rumah sakit tidak bisa tertunda lama.

Memiliki asuransi kesehatan tentu dapat membantu Anda mendapatkan dana cepat guna melunasi tagihan tersebut. Oleh sebab itu, usahakan untuk memiliki asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar tagihan rumah sakit tidak terlalu memberatkan.

5. Memperkecil Tagihan Bulanan dengan Berhemat Pemakian

Untuk bisa menghemat pengeluaran dari tagihan seperti, air, listrik, dan telepon, Anda perlu menanamkan sikap disiplin. Saat tidak digunakan, usahakan untuk selalu mematikan lampu maupun alat elektronik di rumah Anda. 

Colokan yang tidak dicabut meski tidak digunakan juga menyedot listrik. Jadi, selalu lepas sambungan listrik dari soketnya agar tagihan listrik tidak membengkak hanya karena hal sepele tersebut.

Pastikan juga air keran tidak mengucur sedikitpun tanpa pengawasan. Menghemat air juga bisa Anda lakukan dengan cara melakukan kegiatan mencuci saat pakaian telah menumpuk cukup banyak. Dengan begitu, Anda tidak terlalu sering membuang air untuk membilas pakaian.

Dalam menghemat tagihan telepon, Anda bisa beralih menggunakan fasilitas ponsel saja. Banyaknya jenis ponsel murah yang bisa menyambung ke internet, ditambah tingginya persaingan bisnis para providernya, bisa Anda manfaatkan untuk menggunakan media sosial seperti LINE dan WhatsApp sebagai pengganti telepon.

Selain lebih praktis, biaya untuk kebutuhan tersebut tentu lebih murah karena hanya membutuhkan koneksi internet agar bisa menggunakannya. Saat Anda telah melakukan cara-cara menghemat tersebut, sudah dapat dipastikan tagihan bulanan akan menyusut tajam.

Mulai Siasat Penghematan Tersebut Sedini Mungkin

5 jenis tagihan tersebut memang hampir dimiliki oleh semua orang. Saat tidak diwaspadai, pengeluaran untuk membayar tagihan tersebut bisa jadi akan sangat memberatkan kondisi keuangan Anda.

Untuk itu, agar jatah dana untuk kebutuhan tersebut bisa ditekan, usahakan untuk melakukan siasat penghematan sedini mungkin. Semakin lama Anda menunda, semakin banyak pula uang yang akan terbuang sia-sia. Jadi, tumbuhkan niat dan komitmen untuk melakukan siasat penghematan 5 tagihan yang paling banyak dimiliki tersebut.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Pentingnya Kartu Kredit untuk Kembangkan Bisnis Online!
Artikel Selanjutnya
Tahukah, Melakukan Ini di Akhir Pekan Bikin Sulit Sukses