Sukses

Selenggarakan Formula E, PLN Jamin Kehandalan Listrik Jakarta

Liputan6.com, Jakarta PT PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya siap mendukung ‎penyelenggaraan ajang balap Formula E di Jakarta pada 2020, dengan menyediakan kehandalan pasokan listrik.

General Manager PLN Disjaya M Ikhsan Asaad mengatakan, saat ini pasokan listrik Jakarta cukup handal, dengan cadangan listrik sekitar 5 ribu Mega Watt (MW) dari sistem kelistrikan Jawa Bali, PLN mampu memenuhi kenaikan konsumsi listrik ‎saat ajang Formula E berlangsung sekitar 10 sampai 50 Mega Watt (MW).

"Pak anies sempat bilang mau ngadain E-Formula seperti Asian Games, nggak masalah Jakarta jaringan kuat sekali‎," kata Ikhsan, di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Ikhsan menambahkan, selain pasokan listrik yang handal, jaringan listrik Jakarta juga memadai dengan delapan subsistem itu yakni Balaraja 3 dan 4 Lontar 1.540 MW.

Kembangan 1 360 MW, Priok Bekasi 2-4 Cawang 1 2.460 MW, Bekasi 1-3 Cibinong 3 1.080 MW, Cibinong 1,2 Salak Pratu 1.620 MW, Cawang 2&3 Depok 1-2 1.440 MW, Gandul 2-4 20 MW, Muara Karang Andul 1-2 Kembangan 2.270 MW.

"‎Ini Kota yang paling kuat jaringan distribusinya di Indonesia‎," tegasnya.

Menurut Ikhsan, PLN Disjaya tidak hanya fokus pada penyediaan pasokan listrik dilokasi ajang balap mobil listrik tersebut, tetapi juga saran pendukung ‎seperti hotel dan tempat wisata. Sebab ajang Formula E akan mendatangkan wisatawan mancanegara.

‎"Tamunya akan banyak datang, ini menarik bukan hanya mampir nonton tapi berwisata, pastinya hotel akan penuh. Tidak hanya membuat handal daerah lintasan tapi juga membuat hotel ramai, konsumsi listriknya akan naik," tandasnya.

2 dari 3 halaman

Jadi Tuan Rumah Formula E, Anies Belum Tahu Kapan Balapan Digelar di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan DKI Jakarta menjadi salah satu tuan rumah balapan Formula E. Akan tetapi, dia belum dapat memastikan tanggal resmi digelarnya balapan itu.

"Insyaallah nanti Jakarta akan menjadi tuan rumah, ada hal-hal detail yang belum bisa diumumkan sekarang. Khususnya terkait dengan waktu," kata Anies di Balai Kota Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan, pihaknya bersama penyelenggara balapan Formula E telah membahas kemungkinan kegiatan tersebut sejak tiga bulan yang lalu.

Saat kunjungannya di New York, Amerika Serikat beberapa hari yang lalu Anies telah menyepakati dengan para petinggi penyelenggara Formula E.

"Secara umum kesepakatan Jakarta siap dan mereka pun berminat. Tinggal nanti fase detail pembicaraan mengenai waktunya itu lebih banyak di pihak mereka," ucap Anies.

Saat ini, lanjut dia, pihak penyelenggara masih melakukan proses pembicaraan internal. Sehingga, pihaknya harus menghormati ketetapan dari penyelanggara Formula E.

"Kita bicarakan yang belum bisa diumumkan karena ada ketentuan-ketentuan internal formula E yang harus kita hormati. Sesudah itu baru kita bisa umumkan, tapi mereka sudah datang ke sini tanggal 8 Juli yang lalu," jelas Anies.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dukung Festival of Lights Monas, PLN Pasok Listrik 292.500 VA
Artikel Selanjutnya
Butuh Dana Rp1,6 Triliun di Jakarta, Berapa Biaya Formula E Sebelumnya?