Sukses

Simak, Untung Rugi Investasi Apartemen di 2019

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, ada banyak sekali bentuk investasi yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah investasi properti seperti apartemen.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan investasi apartemen, lo! Hanya saja, keuntungan selalu diikuti dengan kekurangan, kan?

Nah, apa saja sebenarnya untung dan rugi memilih investasi apartemen ini? Yuk, simak ulasannya dari Swara Tunaiku!

Keuntungan

1. Permintaan yang Tinggi

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari investasi apartemen ini adalah adanya permintaan atau demand yang tinggi.

Kalau sudah begini, kamu bisa lebih mudah mendapatkan keuntungan dari menyewakan atau menjual kembali apartemen itu setelah beberapa tahun. Terlebih, bila apartemen yang kamu miliki ada di daerah pusat bisnis.

2. Jangka Waktu Sewa Menengah

Bila kamu memutuskan untuk menyewakan apartemen yang dimiliki, itu juga memiliki keuntungan yang cukup besar. Sebab, rata-rata jangka waktu sewa itu ada di batas menengah sekitar 2 hingga 3 tahun.

Kamu bisa mendapat keuntungan yang lebih tinggi dengan menyewakannya dengan orang baru nantinya bila waktu tersebut sudah habis.

2 dari 3 halaman

3. Risiko Kosong Rendah

Keuntungan lain yang bisa kamu dapat dari investasi apartemen adalah risiko kosong yang rendah. Terlebih bila apartemen yang kamu miliki memiliki lokasi yang nyaman sebagai tempat tinggal dan letaknya strategis. Bahkan, kalau apartemen kamu ada di lokasi seperti ini, penyewalah yang akan mencari apartemen.

Jadi, kamu tak perlu repot-repot menawarkan apartemen tersebut untuk disewakan. Bahkan, ada juga pihak apartemen yang mencarikan penyewa sehingga kemungkinan dapat penyewa lebih besar dan kamu tak repot. Salah satu penyebab kenapa risiko kosong rendah ini adalah kebiasaan masyarakat tinggal di hunian vertikal terlebih untuk wilayah perkotaan.

4. Capital Rate Tinggi

Keuntungan lain yang bisa didapat dari investasi apartemen adalah capital rate yang bisa kamu dapatkan cukup tinggi. Itu sangat berpengaruh dengan risiko kekosongan yang rendah tadi.

Income atau pemasukan kamu akan datang secara otomatis dan lancar bila sewa unit tersebut terus berjalan dan kamu dapat keuntungan dari uang sewanya.

3 dari 3 halaman

Kekurangan

1. Harus Pilih Lokasi yang Prospektif

Ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan yang harus kamu hadapi. Salah satu kekurangan dari investasi apartemen ini adalah bila kamu salah menentukan lokasi, apartemen kamu tak akan laku. Oleh sebab itu, pilihlah lokasi apartemen yang prospektif dan strategis. Jangan tergiur biaya beli apartemen yang murah saja.

Padahal apartemen itu berada di lokasi yang jauh dari pusat kota dan keramaian. Terlebih, saat ini sebenarnya banyak pengembang apartemen yang membangun di wilayah seperti ini. Kalau kamu memilih apartemen di tempat ini, tentunya tidak menguntungkan bila mau investasi.

2. Manajemen yang Kurang Baik

Kekurangan lain yang bisa saja kamu hadapi ketika investasi apartemen ini adalah manajemen apartemen yang kurang baik. Meski berada di tempat yang strategis dan baik untuk perkembangan investasi, tapi kalau pengelola manajemen gedungnya kurang baik, sama saja bohong.

Sebab, keberadaan pengelola manajemen ini sangat penting untuk kenyamanan penghuni. Mereka harus memperhatikan fasilitas umum dan lainnya yang bertujuan untuk kenyamanan penghuni. Misalnya, masalah kebersihan dan penggantian bila ada yang rusak. Kalau tak diperhatikan, tentu saja penghuni tak akan nyaman.

Itulah untung rugi investasi apartemen. Jadi, kalau kamu mau investasi apartemen, ada baiknya cek dulu semua hal di atas. Dari tempat apartemen tersebut hingga manajemennya. Jangan sampai salah pilih apartemen untuk investasi. Sebab, kalau salah bukan keuntungan yang didapat, malah rugi!

Loading
Artikel Selanjutnya
Murah dan Strategis, 7 Rekomendasi Gedung Pernikahan di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Biar Tak Cekcok, Simak Tips Kelola Keuangan bagi Pengantin Baru