Sukses

Catat! Ini Topik yang Haram Dibahas saat Networking

Liputan6.com, Jakarta - Ikut acara networking menjadi hal yang menyenangkan dan cukup banyak disukai. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan dan menemukan kesempatan lebih banyak mendapatkan pekerjaan yang baru.

Jika ini akan menjadi kesempatan pertama Anda mengikutinya, pastikan Anda merasa nyaman dan benar-benar siap untuk berbaur dengan orang-orang baru yang ditemui di sana.

Tak perlu khawatir berlebihan, Anda bisa menyapa dan memulai obrolan santai dengan orang-orang di sana dengan nyaman. Meski tidak begitu formal dan kaku, acara networking tetap harus dijalani dengan profesional.

Etika berbicara tentu menjadi hal yang wajib dijaga, terutama terkait dengan topik-topik sensitif. Hindari untuk membahas topik yang tidak berkaitan atau bahkan berisiko menyinggung perasaan orang lain

Sebab hal ini tentu akan membuat situasi menjadi tidak nyaman. Bukannya mendapatkan manfaat positif, topik yang salah bisa saja membuat Anda dicap tidak profesional oleh orang-orang yang ditemui.

Jika sudah begini, Anda sendiri yang akan mengalami kerugian, bukan? Biar enggak awkward, hindari membahas topik “haram” ini saat berinterkasi (networking), seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Mengeluhkan tentang Pekerjaan

Membicarakan pekerjaan bukanlah hal yang lazim dilakukan ketika networking, di mana Anda dan orang-orang lainnya membahas tentang rutinitas dan hal yang berkaitan dengan pekerjaan kantor Anda.

Meski begitu, mengeluhkan tentang pekerjaan adalah hal yang sangat tidak perlu dilakukan. Mengeluhkan pekerjaan dan juga hal lainnya tentang perusahaan kepada orang yang baru dikenal merupakan tindakan tidak profesional, apalagi jika yang bersangkutan berasal dari luar perusahaan tempat Anda bekerja.

Hindari berbagai keluhan terkait dengan pekerjaan dan cobalah membicarakan pekerjaan dengan cara yang profesional, seperti mambahas tugas dan hal-hal terbaik yang dilakukan ketika menyelesaikan pekerjaan. Sikap seperti ini akan lebih positif dan membuat Anda lebih profesional.

2 dari 3 halaman

2. Membahas Topik Terkait Politik

Pembicaraan mengenai politik juga menjadi hal menarik untuk dibahas. Namun topik ini juga terbilang sensitif.

Masing-masing orang akan memiliki pandangan politiknya sendiri. Sehingga membahas topik yang satu ini ketika networking tidaklah tepat.

Anda tidak akan pernah tahu bagaimana pandangan politik orang-orang yang baru Anda kenal, apalagi jika mereka tidak mau mengemukakan pendapat mereka tentang hal tersebut secara gamblang.

Bukannya mendapatkan respons positif, bisa saja situasi justru memanas dan membuat semua orang menjadi tidak nyaman. Hindari topik yang satu ini sejak awal dan cobalah menghindar dengan cara halus jika ada orang lain yang membahasnya.

3. Membicarakan Sesuatu Hal Dianggap Suatu Kebodohan

Beberapa hal atau kejadian memang bisa saja tampak bodoh (konyol) menurut pandangan Anda. Namun tak selalu sama pada pandangan orang lain.

Hal ini tentu sangat wajar, mengingat setiap orang akan memiliki pandangan masing-masing dan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Hindari untuk membicarakan hal-hal seperti ini, sebab bisa menyinggung perasaan orang lain yang tidak sependapat dengan Anda.

Meski Anda hanya bermaksud menjadikannya sebagai bahan candaan semata, topik yang satu ini bisa saja membuat Anda tampak tidak profesional di mata orang-orang yang diajak bicara ketika networking. Pastikan Anda tidak menjadikan hal-hal yang dianggap bodoh ini sebagai bahan pembicaraan, apalagi jika hal tersebut melibatkan orang lain di dalamnya.

3 dari 3 halaman

4. Mengobrol Tentang Kehidupan Pribadi

Membicarakan berbagai hal tentang kehidupan pribadi memang menyenangkan dan cukup menarik. Anda bisa membahas hobi, pertemanan, rutinitas dan berbagai hal menarik lainnya.

Namun di dalam networking, Anda tetap harus memiliki batasan yang jelas tentang topik yang satu ini. Jangan sampai Anda mengumbar berbagai informasi yang tidak layak, terutama terkait dengan kehidupan pribadi orang lain, misalnya: teman dekat Anda, sahabat, atau bahkan rekan kerja yang tidak Anda sukai di kantor.

Tentu saja, hal itu bukannya Anda akan mendapatkan respons baik, tapi pembahasan justru bisa membuat orang lain risih dan tidak nyaman ketika berbincang dengan Anda. Jadi, sangat penting untuk tetap membahas hal-hal yang berguna dan profesional, bahkan meski itu menyangkut kehidupan pribadi Anda.

Tetaplah menahan diri untuk membicarakan berbagai hal yang tidak perlu, apalagi tentang kehidupan pribadi orang lain. Sikap seperti ini akan membuat Anda tetap profesional dan mendapat respons baik dari orang-orang yang Anda temui saat networking.

Lakukan Pembicaraan yang Tepat dan Profesional

Networking akan memberi Anda kesempatan bertemu dengan orang-orang baru, di mana Anda berbaur dan membicarakan banyak hal dengan mereka.

Hindari berbagai topik pembicaraan yang “terlarang” dan sensitif, sebab hal ini bisa membuat Anda terlihat tidak profesional.

Cobalah untuk memulai pembicaraan yang profesional dengan memilih topik-topik yang tepat, agar Anda bisa masuk dan mendapatkan manfaat positif dari acara networking yang diikuti.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tahukah? Hal Sepele ini Bikin Tes SIM A Bisa Gagal
Artikel Selanjutnya
Ingat, Hal Sepele ini Ternyata Bikin Mobil Cepat Rusak