Sukses

Harga Minyak Stabil, Investor Cermati Pelemahan Ekonomi Global

Harga minyak Brent dan WTI turun sekitar 20 persen dari puncak tertinggi di 2019 yang dicapai pada bulan April lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak bergerak stabil pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Hal ini terjadi karena pengaruh dua sentimen yaitu kekhawatiran perlambatan ekonomi global dan ekpektasi pembatasan pasokan oleh OPEC.

Mengutip Reuters, Rabu (12/6/2019), harga minyak mentah berjangka Brent tidak berubah pada USD 62,29 per barel, sementara minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) naik 1 persen dan berakhir di USD 53,27 per barel.

Sentimen yang membebani harga minyak adalah kekhawatiran akan perlambatan ekonomi global yang kemungkinan besar akan terimbas kepada penurunan permintaan minyak.

Namun di sisi lain, optimisme pelaku pasar bahwa organisasi eksportir minyak yaitu OPEC bersama para sekutunya, salah satunya Rusia, untuk mempertahankan pengendalian produksi menjadi katalis harga minyak.

Sedangkan harga minyak AS (Brent) sendiri mengalami penurunan tipis karena stok minyak mentah AS secara tak terduga naik 4,9 juta barel dalam pekan yang berakhir pada 7 Juni menjadi 482,8 juta.

Data ini merupakan data milik the American Petroleum Institute. Sedangkan pemerintah AS akan merilis data stok pada Rabu waktu Setempat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Melambat

Harga minyak Brent dan WTI turun sekitar 20 persen dari puncak tertinggi di 2019 yang dicapai pada bulan April karena adanya kekhawatiran perlambatan permintaan dan pertumbuhan ekonomi memiliki dampak besar pada sentimen di tengah perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

The U.S. Energy Information Administration memangkas proyeksi pertumbuhan permintaan minyak dunia 2019 sebesar 160 ribu barel per hari menjadi 1,22 juta barel per hari.

"Prospek permintaan sangat penting bagi pasar minyak akhir-akhir ini," kata John Kilduff, seorang analis di Again Capital LLC.

"Data ekonomi global penuh dengan kejutan negatif pada akhir-akhir ini, disebabkan oleh dampak dari perang perdagangan AS-China." tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.