Sukses

Omzet Pedagang di Tanah Abang Anjlok Hingga 50 Persen

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang mengeluhkan penurunan omzet penjualan pada Lebaran tahun ini. Rata-rata penurunan bahkan bisa mencapai setengah atau 50 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Ini diungkapkan pedagang mukena, Rina (27) yang menuturkan penurununan omzet ditempatnya bisa mencapai 50 persen. Kondisi ini jauh berbeda dibandingkan Lebaran tahun lalu, di mana rata-rata per hari saja dia bisa meraup kurang lebih mencapai Rp 15 juta.

"Tahun lalu bisa di atas Rp 15 juta. Tahun ini Rp 5 ke atas. Tapi rata-rata mayoritas pedagang menurun di sini," ujar dia di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (3/2).

Dia pun mengaku tidak mengetahui penyebab dari penurunan omzet pada tahun ini. Padahal, harga yang ditawarkan dipatok di bawah harga normal.

"Tahun lalu, lumayan lah. Istilahnya untungnya lumanyan penjualan tidak terlalu anjlok, tahun sekarang kita bahkan jatuh-jatuhin harga lah," tutur dia.

Hal yang sama diungkapkan pedagang lain, Ajo (25). Dia mengatakan Lebaran kali ini tak seindah Lebaran tahun lalu. Sebab, omzet penjualan ditempatnya pun ikut terperosok turun.

"Omzet jauh lebih kurang sekarang. Gak tau juga karena semua pada naik sembako naik semua. Sekarang tambah susah," katanya

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

H-2 Lebaran, Pasar Tanah Abang Masih Disesaki Pengunjung

Mendekati Hari Raya Idul Fitri atau tepatnya H-2 Lebaran, Pasar Tanah Abang masih disesaki pengunjung. Aktivitas jual beli di sentra grosir tekstil terbesar se-Asia Tenggara ini mulai dirasakan sepanjang trotoar jalan hingga menuju pusat grosir perbelanjaan.

Tanah Abang sendiri memang menjadi tempat favorit berburu perlengkapan Lebaran. Selain harga yang ditawarkan lebih murah, tempat ini juga menyediakan kelengkapan barang yang cukup banyak. Mulai dari, busana muslim, kelengkapan sekolah, makanan, hingga pernak pernik lainnya.

Pantauan merdeka.com, Senin (3/6/2019), lalu lalang orang sambil menenteng barang belanjaan pun tak dapat dihindari. teriakan pedagang juga tak kalah menggema sepanjang jalan untuk menarik perhatian pembeli.

"Dicoba dulu kakak, ukuran dan warnanya lengkap. Ambil banyak bisa kurang," ucap salah satu pedagang.

Salah satu pengunjung, Intan (35), mengatakan hampir setiap tahun ketika Lebaran dirinya selalu menjadikan Pasar Tanah Abang sebagai pilihan untuk berbelanja. Salah satu alasannya yakni harga yang dipatok lebih murah dibandingkan pasar-pasar lainnya.

"Keluarga kami banyak, otomatis kami belanja di Pasar Tanah Abang karena murah. Setiap tahun pasti ke sini karena sudah jadwal. Kalau belum sampai sini belum Lebaran," katanya.

Wanita asal Depok ini pun mengaku tengah memborong berbagai perlengkapan Lebaran untuk keluarganya di rumah. Mulai dari gamis, celana jeans dan juga kebutuhan Lebaran lainnya.

Senada dengan Intan, pengunjung lainnya, Yusifa Yuni Amleja (21) juga mengaku hampir setiap Lebaran memilih Pasar Tanah Abang sebagai penunjang untuk memenuhi kelengkapan pribadi. Mulai dari busana muslim, hingga keperluan saat salat seperti mukena dan sajadah.

"Kualitas tidak jauh beda, kalau dibandingkaan mal, bahkan 2 kali lipat kualitas juga bagus-bagus banget," katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Pasar Tanah Abang Tutup Mulai Besok

Jelang Lebaran, Pasar Tanah Abang mulai tutup pada Selasa 4 Juni 2019, siang esok. Pasar tersebut akan tutup kurang lebih sekitar 9 hari dan kembali buka pada 13 Juni 2019 mendatang.

Ketua Koperasi Pedagang Tanah Abang Yasril Umar mengatakan, esok hari pedagang di Pasar Tanah Abang masih akan buka, namun hanya setengah hari atau mulai pagi hingga siang hari saja.

"Blok A, Blok B dan Blok F buka hingga besok Selasa jam 13.00 WIB," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (3/6/2019). 

Sementara untuk Pusat Grosir Metro Tanah Abang (PGMTA), lanjut dia, mulai sudah mulai besok. Sehingga hari ini menjadi hari terakhir pusat berbelanjaan tersebut buka sebelum Idul Fitri.

"Metro Tanah Abang hari ini terakhir (buka). Sebenarnya di Metro Tanah Abang sudah banyak yang tutup dan cuma buka sampai jam 09.30 WIB tadi," kata dia.

Menurut Yasril, pada hari ini pun jumlah kunjungan ke Pasar Tanah Abang pun sudah jauh berkurang dibandingkan normal. Rencananya, usai Lebaran, Pasar Tanah Abang akan kembali buka pada 13 Juni 2019 mendatang.

"(Pembeli) Sudah berkurang. Gedung akan operasional kembali tanggal 13 Juni 2019," tandas dia

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cuitan Kocak 'Pedagang Sabar' Ini Jadi Bukti Banyak Pembeli Ngeselin
Artikel Selanjutnya
Polisi: Jangan Takut Melapor Bila Jadi Korban Preman Tanah Abang