Sukses

7 Rahasia Sukses Miliarder Jim Pattison

Ini yang dilakukan Jim Pattison agar jadi miliarder sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Jim Pattison, meskipun sudah berusia senja tapi pria ini masih bertahan pada status miliardernya pada usia 90 tahun.

Bahkan perusahaannya, Jim Pattison Group menjadi perusahaan swasta terbesar kedua di Kanada dengan pendapatan lebih dari USD 7,5 miliar dengan 45 ribu staf.

Berdasarkan data Forbes, pada 7 Juni 2019, total kekayaan Jim Pattison sekitar USD 5,4 miliar atau sekitar Rp 76,97 triliun (asumsi kurs Rp 14.253 per dolar AS).

Dilahirkan pada masa great depression, miliarder Kanada ini memulai bisnisnya pada usia tujuh tahun untuk menjual bibit tanaman, dan juga sebagai pengantar koran.

Bermula dari sana, saat ini ia sudah memiliki Great Wolf Lodge, Ocean Brands, Buy-Low Foods, dan Ripley's Believe It or Not.

Bahkan, ia juga memiliki usaha di bidang otomotif, periklanan, media, peralatan pertanian, makanan dan minuman, hiburan, real estat. Kesuksesan Pattison tentu membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana kakek tua ini bisa sukses hingga saat ini.

Dilansir dari laman Inc, berikut beberapa tujuh hal yang dilakukan miliarder asal Kanada Jim Pattison agar sukses seperti saat ini:

1. Berbahagia Setiap Hari, Lakukan yang Anda Sukai

Pattison mengatakan setiap hari ia selalu bangun dalam keadaan bahagia, dan pergi tidur juga dalam bahagia. Ia juga mengungkap rahasia bahagia dengan melakukan apapun yang disukainya.

Entah itu menjual mobil, membangun gedung, ya Pattison selalu mengerjakan hal-hal yang digemarinya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Belajar dari Setiap Orang

Pattison memiliki begitu banyak teman mulai dari Reagans, bahkan Oprah Winfrey. Hal ini dilakukannya agar ia dapat belajar dari semua orang tentang hal-hal yang kurang dipahaminya.

Pattison merupakan sosok miliarder yang rendah hati, meskipun kaya tidak pernah menyombongkan dirinya.

3. Berjualan dengan Jujur

Miliarder ini percaya penjualan membutuhkan kejujuran total, kerja keras, dan fokus yang jelas. Ia menambahkan, jual sesuatu yang pelanggan butuhkan, bukan sesuatu yang hanya ingin Anda coba jual.

 

3 dari 4 halaman

4. Reputasi adalah Aset Terpenting

Bagi Pattison kejujuran adalah nomor 1. Dengan selalu menjunjung nilai ini akan membawa reputasi baik bagi dirinya, dan hal ini yang terpenting bagi suatu bisnis yang akan dijalani.

Reputasi yang baik akan menjadi alasan bagi para konsumen untuk membeli produk yang akan dijual menurut Pattison.

5. Jangan Takut untuk Melakukan Perubahan

Bagi Pattison, semua perubahan mengarah pada peluang. Hal ini berarti semakin banyak hal yang berubah maka semakin banyak peluang sukses yang akan Anda raih. Pattison juga menambahkan jika saat ini dunia adalah tentang perubahan.

 

4 dari 4 halaman

6. Berikan 10 persen dari Apa yang Anda Hasilkan

Pattison selalu menyumbangkan lebih dari USD 100 juta ke rumah sakit setempat. Miliarder ini membagikan setidaknya 10 persen dari apa yang ia hasilkan sebelum menggunakan dan menghasilkan lebih banyak lagi.

7. Luangkan Waktu untuk Melakukan Aksi Sosial

Pattison memimpin Vancouver's Expo 86 (Pameran Dunia 1986) di kota asalnya selama enam tahun berturut-turut secara gratis alias tidak dibayar.

Selama memimpin, Pattison telah berhasil menghasilkan lebih dari USD 2 miliar dan memberikan dampak ekonomi yang baik bagi kotanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.