Sukses

Tips Sukses Bekerja dari Rumah

Enam hal ini dapat bantu Anda sukses meskipun bekerja dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Kini bekerja tak harus selalu dari kantor. Banyak yang kini memilih bekerja dari rumah. Selain tak perlu menghabiskan untuk transportasi, bekerja dari rumah bisa mengurangi tekanan dari atasan.

Namun justru karena merasa tidak diawasi atasan, Anda jadi cenderung malas-malasan. Hal ini malah akan membuat kinerja menjadi buruk dan menghambat kesuksesan.

Namun ternyata ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika ingin tetap sukses dan produktif meski bekerja dari rumah. Mau tahu apa sajakah itu?

Dilansir dari laman The Ladders, berikut enam hal yang harus Anda lakukan:

1. Komunikasi

Komunikasi yang baik adalah rahasia dibalik kesuksesan saat bekerja dari rumah. Jika Anda tidak berkomunikasi baik dengan perusahaan, maka pekerjaan saat di rumah akan terganggu tentunya.

Komunikasi yang baik bukan hanya tentang seberapa banyak Anda berkomunikasi. Ini lebih berkaitan dengan menjadi jelas, ringkas dan langsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Tetap Terorganisir dan Bekerja Efisien

Meskipun Anda sudah handal dalam bidang saat ini, namun tetaplah berhati-hati. Jika Anda tidak mengelola semua tugas yang akan dikerjakan dengan hati-hati, maka akan gagal juga saat bekerja dari rumah.

Tetaplah disiplin meskipun tidak ada atasan di rumah Anda. Dengan begitu, semua tugas yang Anda miliki dapat selesai dengan waktu yang lebih cepat. Buatlah prioritas tugas yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

 

3 dari 6 halaman

3.Yakinkan Orang Kantor, Anda Dapat Diandalkan

Bekerja dari rumah tentunya dibutuhkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dibandingkan bekerja di kantor. Meskipun mereka tidak dapat melihat Anda, namun tetap bisa mengawasi dari hasil pekerjaan yang Anda lakuka.

Untuk itu, buatlah rekan kerja atau atasan Anda yakin jika Anda dapat diandalkan melakukan tugas ini meskipun tidak berada di kantor. Dengan begitu, ini akan meningkatkan nilai Anda sebagai pegawai jarak jauh.

 

4 dari 6 halaman

4. Pastikan Koneksi Internet Rumah Bekerja dengan Baik

Saat bekerja dari rumah, tentunya koneksi internet menjadi nyawa Anda. Mengapa? Karena semua pekerjaan atau perintah yang akan diberikan, tentunya membutuhkan jaringan internet yang kuat. Untuk itu, perhatikan lagi koneksi internet yang ada dirumah Anda. Jika masih belum baik, maka perbaikilah agar semua pekerjaan Anda dapat terselesaikan sebaik mungkin.

 

5 dari 6 halaman

5. Atur Waktu Tidur Sebaik Mungkin

Meskipun bekerja dari rumah, bukan berarti tidak ada kepastian waktu selama Anda bekerja. Jika Anda memaksa dan memporsir diri selama bekerja di rumah tentunya ini akan buruk bagi kesehatan Anda.

Untuk itu, tetaplah jaga kesehatan dengan cara berolahraga dan yang terpenting atur waktu tidur Anda sebaik mungkin. Tidur yang cukup akan membuat energi yang habis segera terisi kembali dan membuat Anda menjadi lebih fokus dalam bekerja.

 

6 dari 6 halaman

6. Buat Jadwal Kerja

Bekerja dirumah bukan berarti Anda bisa bebas menggunakan waktu untuk terus bekerja atau bahkan hanya untuk leha-leha. Jika Anda begini, hasil pekerjaan juga akan menjadi tidak baik dan jika bekerja terus-terusan tanpa istirahat ini juga akan membuat Anda sakit.

Untuk itu, buatlah jadwal jam kerja untuk Anda. Jangan lupa sisipkan waktu istirahat sejenak untuk makan siang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.