Sukses

Patung Kelinci Karya Seniman Termahal Laku Terjual Rp 1,3 Triliun

Liputan6.com, New York - Patung kelinci bernama Rabbit karya seniman Jeff Koons berhasil terjual sebesar USD 91,1 juta atau Rp 1,3 triliun (USD 1 = Rp 14.435). Ini menjadikan Koons sebagai seniman hidup yang karyanya paling mahal di dunia.

Dilaporkan AFP, Rabbit dijual oleh rumah lelang Christie di New York. Sebelumnya, Christie sempat membuat pelukis David Hockney asal Inggris sebagai seniman termahal.

Harga patung Rabbit yang fantastis mengalahkan harga mahakarya Koons sebelumnya bernama Balloon Dog (Orange) yang laku terjual USD 58,4 juta pada tahun 2013. Karya tersebut juga menjadikan Koons sebagai seniman termahal di dunia sebelum digeser lukisan Hockney tahun lalu.

Sejatinya, "Rabbit" memiliki  harga USD 80 juta (Rp 1,1 triliun). Sisa USD 11,1 juta (Rp 160,7 miliar) berasal dari komisi dan fee.

Patung setinggi 1,04 meter ini dibuat pada tahun 1986. Pemilik sebelumnya adalah S. I. Newhouse, memimpin Conde Nast selaku penerbit majalah kultur seperti The New Yorker, Vogue, dan Vanity Fair.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Jeff Koons (@jeffkoons) on

Jeff Koons merupakan seniman postmodern (pascamodernisme) yang terkenal berkat karya seni berbentuk hewan yang terbuat dari staniless steel. Bentuknya pun tidak kaku, melainkan seakan patung itu terbuat dari balon.

Karya terkenal lainnya adalah Gazing Ball, yakni berupa bola biru yang ia "sisipkan" ke berbagai lukisan dan pahatan klasik.

Karya Jeff Koons juga merambah ke industri pop. Ia pernah membuat patung Michael Jackson and Bubbles yang kontroversial, dan sempat berkolaborasi dengan Lady Gaga untuk albumnya berjudul Artpop.

2 dari 4 halaman

Parade Patung Beruang Simbol Idol K-Pop di Kawasan Gangnam, Adakah Favoritmu?

Korea Selatan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Baik itu pemandangan alam atau cagar budaya, semuanya mengundang ketertarikan wisatawan untuk menjelajahi tempat wisata tersebut.

Ibu kota negeri gingseng pun menyimpan atraksi wisata yang tak kalah menariknya. Di kawasan Gangnam, ada jalan yang terkenal bernama K-Star Road. Jalanan ini akan menuntun wisatawan ke arah perusahaan hiburan seperti SM dan JYP.

Melansir visitseoul.com, K-Star Road ini memiliki maskotnya sendiri, yaitu Gangnam-dol. Namanya merupakan gabungan dari tiga kata, yaitu Gangnam, idol yang berarti bintang K-Pop, dan doll.

Gangnam-dol merupakan patung beruang lucu dan penuh warna yang berukuran tiga meter. Patung beruang ini secara simbolis menggambarkan image dari grup musik K-Pop yang telah terkenal.

Jalan ini tentu saja dibuat berbeda dengan jalan lainnya di kawasan Gangnam. Di K-Star Road, semua jalannya ditandai dengan garis strip berwarna merah muda, biru dan putih. Sebelum dimulainya proyek K-Star Road ini, jalan ini hanyalah berupa jalan biasa.

Di sekeliling jalan K-Star Road, terdapat 18 patung Gangnam-dol yang melambangkan masing-masing grup K-Pop yang sudah terkenal. Deretan patung Gangnam-dol ini diawali dengan patung beruang yang berpakaian seperti PSY di depan Galleria Department Store. Ke-17 sisanya ditempatkan mulai dari Stasiun Rodeo Apgujeong dan persimpangan Cheongdam, menyimbolkan grup K-Pop seperti Super Junior, TVXQ!, Girls' Generation, BTS, AOA dan lain-lain.

Di depan pintu keluar ketujuh Stasiun Rodeo Apgujeong, terdapat Gangnam-dol Haus. Tempat itu merupakan toko yang menjual miniatur Gangnam-dol sebagai suvenir. Selain itu, informasi mengenai wisata bisa ditemukan di Gangnam-dol Haus.

3 dari 4 halaman

Jadi Penanda Khusus

Dilansir dari soompi.com, jumlah beruang tersebut kian meningkat dibandingkan sebelumnya. Pertambahan jumlah beruang ini dikarenakan banyaknya grup K-Pop baru yang telah meraih popularitas mereka. Walaupun beruang baru tersebut ditempatkan lebih jauh dari stasiun, pengunjung jadi merasa terbantu sebab beruang tersebut menjadi penanda bahwa mereka tidak keluar dari jalur K-Star Road.

Di dekat Stasiun Rodeo Apgujeong, terdapat patung Gangnam-dol Girls' Generation dan EXO. Kedua patung beruang tersebut memberi tanda bahwa Anda telah berada di depan gedung SM Entertainment.

Gedung perusahaan JYP Entertainment juga terletak di jalan Apgujeong. Caranya, anda cukup menyusuri jalan hingga menemukan Gangnam-dol Block-B. Selain JYP, anda juga bisa berjalan menuju gedung Cube Entertainment yang tak jauh dari situ.

Selain boneka dan gedung perusahaan hiburan, K-Star Road juga menyediakan restoran dan kedai kopi yang sering dikunjungi oleh artis Hallyu Wave tersebut. Bila Anda tertarik mengunjungi K-Star Road ini, pelajari jalurnya dan kunjungilah waktu siang hari, sebab mengelilingi jalanan ini membutuhkan waktu sekitar dua jam.  

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Terpukau Deretan Patung Sarat Makna Karya Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park
Artikel Selanjutnya
Manfaat Seni bagi Penyandang Disabilitas (2)