Sukses

AP I Siapkan Bus Gratis Menuju Bandara Internasional Yogyakarta

Bus gratis dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta berlaku selama 1 pekan, yaitu 6-12 Mei 2019.

Liputan6.com, Yogyakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) bekerja sama dengan Damri dan Satelqu menyiapkan bus gratis dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Hal ini guna mempermudah akses masyarakat ke bandara baru tersebut.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji mengatakan ‎bus gratis dari dan menuju YIA ini berlaku selama 1 pekan, yaitu 6-12 Mei 2019.

"Jadi memang minggu ini baik Satelqu maupun Damri dari maupun menuju YIA itu kita berikan gratis baik dibantu Angkasa Pura I maupun kerja sama dengan Citilink. Jadi memang upaya membangun bandara ini sebagai rute itu bukan hanya dilakukan Angkasa Pura I tapi juga dilakukan mitra-mitra kita‎," ujar dia di Bandara Internasional Yogyakarta, Senin (6/5/2019).

Untuk layanan shuttle bus Damri, lanjut dia, melayani rute pulang-pergi Bandara Internasional Yogyakarta menuju Bandara Adisutjipto, Wojo, Purworejo, dan Magelang. Sedangkan Satelqu melayani rute pulang-pergi YIA menuju Bandara Adisutjipto, Cilacap, Purwokerto.

"Kalau enggak salah itu ada yang dari Kebumen, ada yang Purworejo, Magelang, Borobudur, Wonosobo, Cilacap, banyak banget. Wojo juga," kata dia.

Dengan adanya bus gratis ini, diharapkan akan mempermudah akses masyarakat dari dan menuju YIA pada fase penerbangan komersil yang dimulai hari ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bandara Baru Yogyakarta Tampung 8 Juta Penumpang di 2019

PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) hari ini resmi mengoperasikan bandara baru Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Citilink Indonesia menjadi maskapai pertama yang terbang komersil dari bandara yang berlokasi di Kulon Progo tersebut.

Angkasa Pura I menargetkan jumlah penumpang di bandara baru Yogyakarta ini mencapai 8 juta penumpang hingga akhir tahun ini.

"Minimum 8 juta per akhir tahun ini," ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji, di Bandara Internasional Yogyakarta, Senin (6/5/2019).

Dia mengungkapkan, angka tersebut merupakan jumlah penumpang yang ada di Bandara Adisutjipto saat ini. Dengan beroperasinya YIA diharapkan penumpang yang sebelumnya menggunakan Bandara Adisutjipto bisa beralih ke YIA ini.

"Karena gini, kapasitas Yogyakarta (Adisutjipto) 1,8 juta tetapi penumpangnya 8,4. Berarti kan sudah lebih dari 400 persen, dan itu yg harus bisa pindah ke YIA," kata dia.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Citilink Mulai Operasi di YIA

Sebelumnya, Citilink optimis penerbangan melalui Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) akan dipenuhi penumpang seperti di Bandara Adisutjipto saat ini. Anak usaha Garuda Indonesia tersebut menjadi maskapai yang pertama beroperasi secara komersil di YIA.

Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo mengatakan, mulai hari ini, Citilink mulai mengoperasikan pesawat dari dan menuju YIA dengan frekuensi 1 penerbangan per hari. 

"Kita daily, tiap hari. Sehari sekali," ujar dia di Bandara Halim Perdanakusuma.

Namun demikian, penerbangan tersebut akan terus ditambah seiring dengan kebutuhan di YIA tersebut. Dirinya optimis YIA akan menarik banyak penumpang untuk terbang melalui bandara ini.

‎"Harus yakin lah. Yang jelas kita kan enggak sendirian, pemerintah punya program, termasuk Angkasa Pura-nya pasti punya program‎. Ya kan kita tahu rute Jogja kan‎ bagus sebenarnya. Ini kan bagian dari Yogyakarta juga," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini