Sukses

Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Manfaat Punya Bisnis Rumahan

Liputan6.com, Jakarta - Selain mengandalkan gaji pokok bulanan yang Anda terima dari tempat kerja, mendapatkan penghasilan tambahan tentu akan semakin menyenangkan, bukan?

Memang, waktu dan tenaga yang terpakai akan jadi lebih banyak. Namun, jika Anda saat ini tengah merencanakan masa depan, seperti membeli rumah atau kendaraan misalnya, hanya mengandalkan gaji yang pas-pasan mungkin tidaklah cukup.

Cara mendapatkan penghasilan tambahan ada bermacam-macam. Memiliki bisnis pribadi salah satunya. Alih-alih berpikir bisnis besar dengan modal yang besar pula, di sini kita akan berbicara mengenai bisnis rumahan.

Selain simpel karena tidak butuh sewa tempat dan sebagainya, bisnis rumahan juga banyak ranahnya. Pun modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar tapi hasilnya bisa sangat menjanjikan.

Jadi, jangan pernah anggap remeh bisnis rumahan, ya. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut manfaat bila Anda punya bisnis rumahan dan menekuninya.

1. Ada Penghasilan Tambahan yang Bisa Meningkatkan Kesejahteraan

Tentu saja dengan menjalankan bisnis sampingan, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji bulanan.

Meskipun ada waktu dan tenaga ekstra yang harus dikeluarkan, namun dengan memiliki bisnis sampingan, finansial Anda akan semakin kuat.

Jika Anda sedang membutuhkan dana lebih untuk membeli rumah, membeli kendaraan, ingin travelling, atau hal-hal lainnya, cobalah untuk membuka bisnis sampingan agar tujuan Anda tersebut lebih mudah dan cepat tercapai.

Jadi, sudah jelas bukan bagaimana peran dari bisnis rumahan? Walau mungkin hanya sebagai usaha sampingan, tapi bisa memberikan penghasilan tambahan dan meningkatkan kesejahteraan, bukan?

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 dari 4 halaman

2. Bisa Menikmati dan Melakukan Pekerjaan dengan Leluasa

Banyak orang yang menjalankan bisnis sampingan di ranah yang sesuai dengan minat dan hobi mereka. Misalnya, Anda suka utak-atik komputer, maka Anda bisa membuka bisnis jasa servis komputer.

Nah, bila Anda suka fesyen, tak ada salahnya membuka online shop dengan berbagai macam model baju sesuai selera sendiri maupun pasar. Dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat, tentu ada perasaan senang dalam menggeluti bisnis tersebut.

Bukankah bekerja itu harusnya menyenangkan? Apalagi jika ternyata saat ini Anda bekerja di kantor yang sebenarnya tidak sesuai dengan minat, bisnis sampingan bisa dijadikan semacam “pelarian” agar tidak terlalu suntuk.

3. Bisnis Rumahan itu Bisa Mendapatkan Keringanan Pajak

Tanpa disangka, ketika Anda memiliki bisnis rumahan, maka Anda punya kekuatan untuk mengatur seberapa besar biaya pajak yang akan dibebankan. Namun, mekanisme seperti ini berlaku di Amerika Serikat.

Untuk Indonesia sendiri, baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan kantor pajak guna mendapatkan informasi jelas perihal regulasi beban pajak bagi bisnis rumahan.

3 dari 4 halaman

4. Bisa Menjaga Kesejahteraan secara Jangka Panjang

Dengan memiliki bisnis rumahan, Anda jadi bisa menabung untuk masa depan. Bahkan saat nanti Anda sudah pensiun dari pekerjaan di kantor, pemasukan akan tetap masuk ke rekening pribadi. Inilah keuntungan memiliki bisnis rumahan yang tentunya menarik dan sayang untuk dilewatkan.

5. Ada Aset Bernilai yang Bisa Anda Jual di Kemudian Hari

Bisnis Anda adalah aset. Sewaktu-waktu bisnis tersebut menjadi besar, bisa saja Anda menjualnya atau setidaknya ada investor yang tertarik untuk menanamkan modal guna mengembangkan bisnis. Oleh sebab itu, bangun bisnis secara serius dan terencana dengan baik agar bisa berkembang.

4 dari 4 halaman

6. Mengerti tentang Perekonomian

Menjalankan bisnis pribadi di rumah secara tidak langsung membuat Anda paham akan perekonomian. Sesungguhnya hidup kita tidak bisa lepas dari yang namanya aktivitas ekonomi, bukan?

Dengan memiliki pemahaman ekonomi yang bagus, Anda bisa menjalani hidup dengan lebih terencana. Sebab ilmu ekonomi terus berkembang seiring dengan perkembangnya zaman.

Macam-Macam Bisnis Rumahan

Lantas, apa saja bisnis yang bisa Anda lakukan dari rumah? Beberapa di antaranya adalah:

- Servis komputer

- Rental komputer

- Rental playstation

- Pulsa telepon

- Warung kelontong

- Jualan baju

- Kuliner

- Kursus musik

Bisnis Rumahan Mudah, Tapi Perlu Perencanaan Matang

Kelihatannya memang mudah menjalankan bisnis rumahan. Akan tetapi, tetap saja Anda perlu perencanaan yang matang agar usaha Anda nantinya tidak hanya sekadar bisnis yang "sebentar tutup".

Selain rajin-rajin mencari informasi di internet, meminta saran kepada teman, keluarga, atau kerabat lainnya yang sudah lebih dahulu menggeluti bisnis rumahan adalah hal yang wajib Anda lakukan sebelum memulai bisnis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tips Jitu PDKT tapi Tetap Hemat
Artikel Selanjutnya
7 Ide Desain Undangan Nikah, Anda Pilih yang Mana?