Sukses

Bos TikTok Masuk Daftar Pemimpin Paling Berpengaruh di Dunia

Bos TikTok jadi masuk daftar Time 100.

Liputan6.com, Beijing - Miliarder Zhang Yiming menjadi salah satu tokoh yang masuk ke daftar orang paling berpengaruh versi Time 100. Ia adalah pendiri dari ByteDance yang merupakan induk aplikasi TikTok.

"Berdasarkan beragam ukuran kuantitatif, Zhang Yiming adalah wirausahawan top di dunia," demikian kalimat pembuka tulisan persembahan bagi sang bos TikTok di Time 100.

Kalimat itu ditulis oleh Kai-Fu Lee, seorang pebisnis teknologi tersohor asal Taiwan. Perusahaan ByteDance milik Yiming disebut sebagai startup paling berharga di dunia.

ByteDance memiliki valuasi USD 75 miliar atau Rp 1.054 triliun (USD 1 = Rp 14.061). Lebih dari selusin produk mobile ByteDance menarik lebih dari 1 miliar pengguna tiap bulannya.

Bos TikTok sebelumnya juga masuk ke daftar orang terkaya Forbes pada 2019. Kekayaannya ditaksir mencapai USD 16,2 miliar atau Rp 227,7 triliun.

Kai-Fu Lee menyebut secara kualitatif pun Zhang tidak kalah mengesankan. ByteDance disebut berhasil mengalahkan Google, Facebook, dan Tencent.

Google kalah dalam hal personalitasi berita, Facebook kalah dalam media sosial berbasis video, dan Tencent kalah dalam hal pasar global.

Pada daftar Time 100 ini, Zhang Yiming tidak masuk ke jajaran pengusaha, melainkan jajaran pemimpin.

Sang bos TikTok pun sejajar dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, aus Fransiskus, hingga Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, bahkan pemimpin tertinggi China: Xi Jinping.

"Zhang adalah orang yang lembut dalam berbicara, tetapi juga kharismatik, logis tetapi memiliki passion, muda tetapi bijak. Ia bila ia tidak pernah memasang batasan. Ia menantang timnya untuk terus mengembangkan jendela pengguna kepada dunia dan jangan gampang puas," tulis Kai-Fu Lee.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bos Facebook Juga Masuk Daftar

Tokoh berpengaruh lain dari sektor teknologi yang masuk ke daftar ini adalah CEO Facebook Mark Zuckerberg. Hanya saja, Zuckerberg masuk ke daftar titan. 

Jeff Bezos tidak masuk ke daftar ini meski ia orang terkaya di dunia versi Forbes. Bill Gates tidak masuk ke daftar ini. Dari negara asal TikTok, pemimpin Alibaba dan Tencent juga tidak termasuk ke daftar ini.

Satu-satunya bos teknologi dari China selain Zhang Yiming yang masuk daftar ini adalah Ren Zhengfei. Dia adalah pendiri dari Huawei yang berkembang menuju teknologi 5G, meski perangkat Huawei ditolak FBI dan CIA karena dicurigai sebagai ancaman keamanan siber.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.