Sukses

Ingin Punya Pernikahan Impian dengan Modal Minim? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk bisa melangsungkan momen pernikahan tak terlupakan ini. Tak heran bila kebanyakan persiapannya cukup lama bahkan dikenal butuh modal yang banyak alias mahal.

Anda harus menyiapkan pernikahan jauh sebelum hari H bila tak ingin pesta pernikahan tak sesuai harapan hanya karena kurang persiapan dan tergesa-gesa, bukan?

Jauh sebelum dilangsungkan pesta pernikahan, Anda perlu mempersiapkan mental maupun keuangan. Kesiapan finansial ini yang juga perlu digarisbawahi. Apalagi jika Anda punya pesta pernikahan impian yang tentunya bakal menghabiskan dana tak sedikit.

Nah, agar Anda dan pasangan bisa melangsungkan pesta pernikahan impian dengan modal minim, simak cara berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih Jenis Pernikahan yang Menarik dengan Harga Ekonomi

Sekarang ini, ada banyak tipe-tipe pesta pernikahan yang ditawarkan oleh wedding organizer (WO). Mulai dari paket yang harganya fantastis alias super mahal, hingga paket pernikahan yang paling murah atau terjangkau.

Nah, Anda bisa memilih yang memang sesuai dengan bujet pernikahan yang tersedia. Bahkan yang lebih kekinian dan terkesan elegan meski dengan biaya murah, sekarang ini banyak tema pernikahan yang digelar di tempat terbuka seperti kebun/halaman maupun pantai.

Tentu saja, dekorasi pelaminan pun sangat simpel. Namun tetap memberikan kesan yang luar biasa bermakna dan tak terlupakan tentunya.

2 dari 4 halaman

2. Jangan Sungkan buat Menawar Harga

Para vendor penyedia jasa perlengkapan pernikahan memang biasanya sudah ditetapkan biaya-biayanya. Akan tetapi, bukan tidak mungkin harga yang sudah dipatok itu bisa ditawar.

Lakukan negosiasi harga dengan vendor kalau dirasa harganya terlalu mahal. Ingat, jangan sungkan!

Misalnya saja, vendor katering mematok harga terlalu mahal, jangan sungkan buat nego. Tapi kalau pihak vendor tak mau menurunkan harga, coba cari alternatif lain. Misalnya dengan mencari vendor katering lain.

3. Pemberdayaan Bisnis Teman

Jika kebetulan Anda punya teman atau kenalan yang berbisnis jasa dekorasi, fotografi, katering, sewa gedung, mekap (make up), dan lainnya, upayakan berdiskusi dan meminta bantuannya untuk terlibat.

Biasanya, teman sendiri akan memberikan harga ‘miring’ atau bahkan gratis sebagai bentuk solidaritas. Makanya, penting sekali bila membangun pertemanan seluas mungkin. Semakin banyak relasi, maka semakin banyak pula rejeki yang bakal menghampiri.

3 dari 4 halaman

4. Menggelar Pesta Pernikahan Hanya untuk Keluarga, Kerabat, dan Teman Dekat

Kata siapa pernikahan impian harus digelar selama berhari-hari, secara mewah, dan berlebihan? Anda bisa mewujudkan pernikahan impian dengan biaya minim.

Caranya mudah, cukup undang keluarga dan kerabat dekat, teman hingga rekan kerja dan tetangga dekat saja. Tak perlu mengundang banyak orang yang Anda sendiri sebenarnya kurang kenal dan tak begitu akrab.

Dengan demikian, Anda bisa menekan bujet biaya pernikahan karena Anda hanya menyiapkan kebutuhan buat tamu undangan tidak banyak.

Dengan tamu undangan yang tidak telalu banyak pula, maka pesta pernikahan juga tidak akan membuat Anda terlalu kelelahan harus berdiri berjam-jam.

5. Menyiasati Anggaran untuk Foto ‘Pre-Wedding

Jangan takut untuk melakukan foto pre-wedding. Kalau di benak Anda proses foto pre-wedding itu mahal, tenang saja, Anda tetap bisa mengakali atau menyiasatinya.

Caranya, enggak usah nyewa studio buat foto pre-wedding. Anda bisa melakukan di tempat-tempat terbuka, seperti pantai, tempat wisata kuno yang tak berbayar untuk masuk ke lokasinya, dan masih banyak lagi.

Sekarang memang lagi ngetren foto pre-wedding yang bertema outdoor, bukan? Dengan demikian Anda hanya perlu membayar untuk jasa fotografer saja.

Untuk mekap dan outfit foto pre-wedding juga bisa disiasati. Ambil saja konsep foto yang kasual, sehingga Anda tak perlu menyewa gaun dan make up artist. Karena Anda bisa memakai bajumu sendiri dan merias sendiri.

Tak bisa merias wajah? Tak perlu panik. Sekarang ini ada banyak tutorial mekap di media sosial, seperti Instagram dan YouTube. Rias wajah sendiri dengan melihat panduan para youtuber dan vloger tersebut.

4 dari 4 halaman

6. Melakukan Pekerjaan Sampingan, Kenapa Enggak?

Zaman sekarang ada banyak pekerjaan bahkan bisnis sampingan yang bisa dilakukan. Anda tak perlu khawatir keteteran soal waktu yang terbatas, coba saja bisnis sampingan secara online. Misalnya jualan pulsa atau barang lainnya.

Anda bisa menawarkan barang ke teman secara daring. Kalau lingkup pertemanan luas, Anda bisa mendapat uang tambahan dari bisnis sampingan itu.

Atau Anda akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan sampingan atau freelance. Uang dari bisnis sampingan itu bisa untuk menambah dana pernikahan Anda.

7. Jangan Lupa Selalu Tabung Sebagian Penghasilan

Jangan malas menabung kalau Anda menginginkan pernikahan impian benar-benar terwujud. Anda wajib menyisihkan sebagian gaji buat dana pernikahan.

Tak perlu banyak-banyak, Anda bisa merancang berapa persen yang akan disisihkan dari gaji, bisa dua puluh persen atau lebih. Tenang, walaupun cuma dua puluh persen dari gaji bulanan, nantinya akan terkumpul banyak juga.

Asalkan Anda rajin menabung sebelum hari pesta pernikahan, setidaknya satu tahun ke belakang, maka tidak terasa uang tabungan Anda sudah terkumpul banyak.

Persiapan Diri Sebaik Mungkin untuk Momen Indah Ini

Itulah beberapa cara mempersiapkan dana pernikahan Anda dalam waktu yang relatif singkat, setidaknya setahun sebelumnya. Pengorbanan Anda sebelum menikah nanti akan terbayar dengan terlaksananya pernikahan impian.

Tak apa irit-irit dahulu sebelum menikah, demi kebahagiaan yang menanti Anda bersama pasangan. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi momen indah dalam hidup ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mau Dagangan Kamu Laris Manis? Begini Caranya!
Artikel Selanjutnya
Intip Desain Rumah yang Cocok buat Pasangan Baru Menikah