Sukses

Sudah Rampung, Peresmian Jembatan Holtekamp Masih Teka-Teki

Jembatan Holtekamp memiliki panjang 732 meter dan akan menghubungkan Kota Jayapura dan Distrik Muara Tami.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengabarkan, dirinya beserta tim dari Kementerian PUPR dalam waktu dekat ini akan cek ke proyek Jembatan Holtekamp di Papua.

"Nanti Minggu (31 Maret) saya mau ke sana. Saya mau ngecek dulu," ujar dia saat ditanyai di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Dia juga menyampaikan, proyek tersebut kini sudah selesai dan bisa dilalui, baik oleh kendaraan roda dua maupun empat. Kendati begitu, ia belum bisa memastikan kapan Jembatan Holtekamp bisa diresmikan untuk dapat beroperasi penuh.

Itu lantaran paket pengerjaan jalan pendekat jembatan yang dilakukan pihak pemerintah daerah setempat hingga kini belum rampung. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun akan mengunjungi Jembatan Holtekamp pada awal pekan depan. 

"Tapi sudah bisa dilewati. Beliau (Jokowi) Senin atau Selasa ke sana. Tapi saya Minggu duluan," ungkap Basuki.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Dorong Perekonomian

Jembatan Holtekamp memiliki panjang 732 meter dan akan menghubungkan Kota Jayapura dan Distrik Muara Tami.

Proyek tersebut dikerjakan oleh konsorsium kontraktor PT PP-PT Hutama Karya-PT Nindya Karya dengan biaya pembangunan bentang utama jembatan sebesar Rp 943 miliar.

Keberadaan jembatan ini diharapkan mampu mendorong kegiatan perekonomian di Kota Jayapura dan sekitarnya. Selain itu, kehadirannya pun dipercaya akan memangkas waktu tempuh dari Jayapura menuju Perbatasan Skouw, dari semula 2,5 jam menjadi 60 menit. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.