Sukses

5 Film Disney dengan Biaya Produksi Termahal

Liputan6.com, New York - Film Disney tentunya dicintai dan menjadi favorit oleh semua kalangan. Jalan cerita yang menarik ditambah tampilan dan pengiring suara yang begitu ciamik, membuat semua film-film disney menjadi favorit banyak orang.

Namun ternyata, film-film terbaik Disney ini tidak datang dengan biaya murah. Diperlukan biaya yang cukup mahal untuk membuat semua film ini menjadi film terbaik dan menjadi dambaan bagi seluruh generasi khusunya anak kecil.

Ternyata dari film-film Disney yang ada 5 film yang memiliki biaya pembuatan termahal. Mau tahu film apa sajakah itu? Film apakah yang termahal?

Berikut dilansir dari laman CheatSheet, berikut adalah 5 deretan nama film keluaran Disney dengan biaya pembuatan yang mahal:

 

2 dari 6 halaman

5. Tangled (2010) - USD 292 juta atau Rp 4,12 triliun

Film ini menjadi film termahal ke-lima Disney dengan biaya pembuatan mencapai USD 292 juta atau Rp 4,12 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.116).

Tangled menceritakan kisah klasik Rapunzel yang dibungkus dengan nuansa Disney. Publik mungkin bertanya-tanya, mengapa film ini bisa begitu mahal? Ini karena sebagian besar dari film ini dibuat menggunakan teknologi animasi yang menggunakan CGI dengan metode animasi tradisional.

Meskipun menjadi film dengan biaya pembuatan termahal, namun film ini telah sukses meraup keuntungan sebesar USD 591,79 juta selama pemutaran filmnya di bioskop.

 

3 dari 6 halaman

4. Star Wars VII: The Force Awakens (2015) - USD 314 juta atau Rp 4,43 triliun

Star Wars edisi ke tujuh ini menjadi yang termahal selama pembuatan film Star Wars. Film ini menelan biaya pembuatan mencapai USD 314 juta atau Rp 4,43 triliun. Meskipun demikian film ini telah berhasil meraup keuntungan mencapai USD 2 miliar di box office di seluruh dunia.

Yang membuat film begitu mahal salah satu karena kenaikan gaji dari para pemainnya yang menelan hingga USD 40 juta untuk membayar Harrison Ford, Mark Hamill, dan Carrie Frischer.

 

4 dari 6 halaman

3. Avengers: Age of Ultron (2015) - USD 340 juta atau Rp 4,79 triliun

Faktor terbesar yang membuat film ini begitu mahal karena film ini menggunakan banyak lokasi pengambilan gambar. Film ini diambil di lima negara berbeda seperti Italia, Korea Selatan, Bangladesh, Afrika Selatan dan Inggris. Tidak heran film ini menghabiskan USD 340 juta atau Rp 4,79 triliun.

Meskipun demikian, film ini juga meraup keuntungan yang cukup besar mencapai lebih dari USD 1 miliar di box office yang ada di seluruh dunia.

 

5 dari 6 halaman

2. Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007) - USD 354 juta atau Rp 4,99 triliun

Meskipun film ini begitu sukses, ternyata biaya pembuatannya pun cukup membuat meringis. Film ini menelan biaya sekitar USD 354 juta atau Rp 4,99 triliun. Yang membuat film ini begitu mahal yaitu karena penggunaan efek untuk membuat Singapura terlihat seperti pada abad ke-19.

Namun meskipun demikian, film ini cukup mendapatkan keuntungan tiga kali lipat hingga mencapai USD 963 juta selama pemutarannya dalam bioskop.

 

6 dari 6 halaman

1. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011) - USD 412 juta atau Rp 5,8 triliun

Berawal dari kesuksesan Pirates of Caribbean sebelumnya, maka Disney memutuskan untuk meningkatkan anggaran pembuatan film ini hingga mencapai USD 412 juta atau Rp 5,8 triliun. Film ini menggunakan beberapa lokasi seperti di Hawaii, California, Puerto Riko dan Inggris. Tidak hanya itu saja, film ini juga menggunakan kamera 3D khusus yang sangat canggih.

Disney juga harus mengeluarkan gaji yang tinggi bagi pemeran utama film ini, Johnny Depp. Ia mendapatkan gaji mencapai USD 55,5 juta.

Meskipun harus mengeluarkan begitu bayak uang, ini tidak membuat Disney rugi karena berkat film ini Disney meraup keuntungan hingga lebih dari USD 1 miliar selama pemutaran film ini di box office seluruh dunia.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Pria Ini Bisa Tirukan Suara 10 Penyanyi Indonesia, Mirip Banget
Artikel Selanjutnya
Disney Rilis Teaser Mulan, Begini Pro dan Kontra Warganet