Sukses

Jelang Mudik, Kemenhub Buka Pendaftaran Angkutan Motor Gratis

Pembukaan pendaftaran peserta program Motis sudah mulai dibuka pada hari ini, Selasa, 12 Maret hingga 25 Mei 2019.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki tahun ke-6 penyelenggaraan Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan moda Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan kembali membuka kesempatan kepada para pemudik dengan sepeda motor untuk memanfaatkan program Angkutan Motis 2019 dengan kuota 18.096 sepeda motor.

"Pembukaan pendaftaran peserta program Motis sudah mulai dibuka pada hari ini, Selasa, 12 Maret hingga 25 Mei 2019," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Zulmafendi, Rabu (13/3/2019).

Peserta motis dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan dapat juga mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

Selain itu untuk peserta motis yang mendaftar melalui layanan motis contraflow/dari daerah, pendaftaran dimulai dari tanggal 28 April hingga 12 Juni 2019.

Beberapa stasiun yang telah menerima pendaftaran motis secara langsung yaitu : Sta. Jakarta Gudang, Sta. Bekasi, Sta.Jatinegara, Sta,Kemayoran, Sta.Cikarang dan Sta.Kiara Condong. Sedangkan untuk Sta. Depok Baru dan Sta. Tangerang segera menyusul untuk menerima peserta pendaftaran motis.

Bagi peserta motis yang mendaftar di awal yaitu dari 25 Maret – 13 Mei 2019, akan mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas untuk pembelian tiket KA Ekonomi Komersial dan PSO.

"Masing-masing peserta akan difasilitasi pembelian tiket KA sebanyak maksimal 3 tiket. Dengan catatan bahwa fasilitasi tiket ini berlaku hanya selama kuota tiket yang dialokasikan masih tersedia," tambah Zul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Pengantaran

Untuk waktu pengantaran ataupun pengangkutan motis akan dimulai pada 27 Mei s/d 2 Juni 2019. Kemudian dilanjutkan kembali pada 8 Juni s/d 13 Juni 2019. Lintas pelayanan motis tahun 2019 hampir sama dengan penyelenggaraan program motis sebelumnya, yang terbagi atas 3 lintas layanan yaitu :

1. Lintas Utara : Sta. Jakarta Gudang - Sta. Cikarang/Lemahabang - Sta. Cirebon Prujakan - Sta. Tegal - Sta. Pekalongan - Sta. Semarang Tawang - Sta. Ngrombo - Sta. Cepu - Sta. Bojonegoro - Sta. Babat - Sta. Surabaya Pasarturi;

2. Lintas Selatan I : Sta. Jakarta Gudang - Sta. Cikarang/Lemahabang - Sta. Cimahi - Sta. Sta. Kiaracondong - Sta. Sidareja - Sta. Kroya - Sta. Gombong - Sta. Kebumen - Sta. Kutoarjo;

3. Lintas Selatan II : Sta. Jakarta Gudang - Sta. Cikarang/Lemahabang - Sta. Cirebon Prujakan - Sta. Purwokerto - Sta. Kroya - Sta. Kutoarjo - Sta. Lempuyangan - Sta. Klaten - Sta. Purwosari - Sta. Madiun - Sta. Kertosono - Sta. Jombang - St. Mojokerto - Sta. Surabaya Pasarturi.

Untuk masing-masing lintas layanan tersebut, kapasitas layanan angkut motis sebesar 464 motor. Sehingga total keseluruhan 3 lintas layanan tersebut mempunyai kapasitas angkut motis sebesar 1392 motor/hari.

Kemudian selama 13 hari pelaksanaan program layanan Angkutan Motis ini, kuota yang ditetapkan sebanyak 18.096 sepeda motor.

"Pemerintah berharap dengan telah dibukanya program layanan motis ini, masyarakat yang berencana mudik dengan sepeda motor, mau memanfaatkan layananan angkutan motor gratis ini, dengan beralih menggunakan motis untuk sepeda motornya, sedangkan pemudik mau beralih naik kereta api ataupun moda angkutan umum lainnya," pungkas dia. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.