Sukses

Harga Tomat dan Cabai Merah Besar Naik di Pasar Rawa Badak

Harga tomat dan cabai merah besar belum stabil selama sepekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Harga sayur mayur di Pasar Rawa Badak, Jakarta Utara masih bervariasi. Lantaran, meski beberapa komoditas harganya sudah stabil, tomat dan cabai merah besar masih mengalami kenaikan cukup besar.

Tiga hari belakangan, cabai merah besar naik dari Rp 32 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram (kg). Harga tomat juga naik dari Rp 12 ribu per kilogram menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Hal yang sama terjadi pada cabai rawit merah, yang tadinya Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Rosidi (44), salah satu penjual sayur mayur mengungkapkan, harga sayur semakin tidak bisa diprediksi. Kenaikan dan penurunan pasti akan terjadi bergiliran dengan selisih besar.

"Enggak pasti, kemarin tomat cuma Rp 12 ribu, tahu-tahu naik Rp 6 ribu. Cabai juga begitu. Nanti kalau turun, turunnya drastis lagi," ujarnya pada Liputan6.com, Senin (11/3/2019).

Selain Rosidi, Eroh (50) mengatakan hal sama. Meski begitu, harga sayur mayur tidak mempengaruhi jumlah pembeli.

"Mungkin karena butuh setiap hari, orang kalau mau masak perlu cabai, bawang, tomat, mau harga mahal atau nggak ya tetap dibeli," tutur dia.

Sementara, harga komoditas lain terpantau stabil selama sepekan terakhir. Harga cabai merah keriting, cabai rawit hijau dan bawang merahu stabil di angka Rp 30 ribu per kilogram. Bawang putih cutting juga masih berada di harga Rp 40 ribu per kilogram.

Untuk kentang masih dihargai Rp 15 ribu per kilogram, begitu pula kelapa kupas dengan harga Rp 8 ribu per kilogram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Sayur Naik di Pasar Mandiri Kelapa Gading

Awal Maret ini, harga tomat turun Rp 2.000, dari Rp 12 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram di Pasar Mandiri, Kelapa Gading, Jakarta. Penurunan harga ini disebabkan oleh masa panen tomat.

Pedagang sayur, Maryam (47), menyatakan hanya tomat yang mengalami penurunan harga. Selebihnya harga sayuran naik Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

"Harga tomat turun sekarang jadi Rp 10 ribu, kalau cabai itu naik rata-rata Rp 5.000-lah, ya cabai rawit merah, rawit hijau, keriting. Bawang putih juga naik," ungkapnya kepada Liputan6.com, Senin 4 Maret 2019.

Harga cabai memang tidak dapat diprediksi. Sekarang, cabai rawit merah naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram dan cabai rawit hijau naik dari Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogram. Untuk cabai merah keriting, harga tetap stabil di angka Rp 25 ribu per kilogram.

Rita (44) juga mengatakan hal yang sama. Untuk bawang, khususnya, dia mengatakan harganya tidak berubah dari minggu lalu, tapi memang terjadi kenaikan harga.

"Sebenarnya sudah naiknya dari minggu kemarin sih. Dua minggu ini Rp 35 ribu, bawang ini," ungkapnya.

Minggu lalu, bawang putih cutting dan bawang merah mengalami kenaikan dengan selisih yang sama, masing-masing naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

Berbeda dengan harga tomat, untuk sayuran lainnya seperti kentang dan wortel, harga terpantau stabil di angka masing-masing Rp 12 ribu hingga Rp 14 ribu per kilogram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini