Sukses

10 Trik Atur Gaji Bulanan Biar Tak Cepat Habis

Liputan6.com, Jakarta - Gajian adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Selama sebulan kita bekerja keras menguras tenaga, rasanya bangga melihat hasil kerja keras sendiri dihargai. Terlebih lagi ketika menerima gaji masuk ke rekening.

Rasa ingin bersenang-senang pun tak terbendung saat gajian tiba, rasanya ingin memborong semua padahal belum tentu membutuhkan barang tersebut. Itulah mengapa pengelolaan gaji bulanan sangat dibutuhkan.

Siapa sih yang tidak suka gajian? Pasti semua suka! Gajian adalah hari yang paling ditunggu para karyawan. Namun, tak sedikit yang merasakan gajian hanya numpang lewat saja.

Banyak rencana yang sudah dirancang sebelum gajian, misalnya ingin membeli gadget baru, ingin makan enak setiap waktu, bahkan sampai ingin traveling ke tempat yang selama ini ingin sekali didatangi. Lalu apa yang terjadi? Hasilnya sebelum akhir bulan tiba gaji Anda sudah ludes tak tahu kemana.

Itulah mengapa pengelolaan keuangan yang baik sangat diperlukan. Baik gaji kecil atau besar semua sudah pasti membutuhkan pengaturan keuangan yang baik.

Gaji yang sedikit jika dikelola dengan baik akan lebih bermanfaat kedepannya. Kuncinya adalah satu, disiplin saat mengatur keuangan, karena mengatur keuangan tidak ada ruginya tidak peduli seminim apapun gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya. Jika Anda mampu mengelolanya dengan baik, tentunya semua akan bisa menjadi teratur.

Dikutip dari TunaiKita, berikut informasi cara kelola gaji bulanan yang baik untuk Anda:

1. Buat Anggaran Bulanan

Anda bisa melakukan perencanaan anggaran bulanan, lalu mulai membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian.

Untuk kebutuhan primer, seperti makan, ongkos, tagihan listrik, cicilan motor, dan sebagainya. Sedangkan kebutuhan tersier, Anda bisa membuat anggaran untuk shopping, traveling, sampai hangout dengan teman-teman kerja Anda.

Tujuan dibuatnya anggaran bulanan, yaitu agar dapat menahan pemborosan yang kemungkinan akan terjadi. Jika Anda membuat anggaran, otomatis pengeluaran akan jelas habisnya untuk apa.

2 dari 6 halaman

2. Buat Skala Prioritas

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yakni membuat skala prioritas, Anda bisa membuat daftar kebutuhan secara urut mulai dari yang paling diprioritaskan. Dengan begitu, akan terlihat nantinya berapa banyak jumlah kebutuhan yang harus dibayarkan terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, biasanya pada saat gajian ingin langsung makan enak. Sebaiknya sekarang Anda tahan dulu keinginan itu, Anda tetap bisa makan enak tanpa harus bayar mahal kan. Hal ini juga akan menghemat pengeluaran bulanan.

3. Segera Bayar Tagihan

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika gajian adalah segera membayar tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan rumah, tagihan kendaraan, dan lain-lainnya.

Jangan pernah menunda untuk membayarkan tagihan, karena jika Anda tidak segera membayarnya di awal, yang ada nanti tagihan malah jadi menumpuk. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda yang lainnya.

3 dari 6 halaman

4. Sisihkan Untuk Ditabung

Penting untuk menabung, meskipun uang yang ditabung jumlahnya tidak besar, tetap saja paling tidak ada tabungan yang dimiliki.

Untuk mempermudah Anda dalam menabung, Anda dapat menyisihkan gaji di awal untuk ditabung. Bukan sisa dari uang kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda menyisihkannya dari sisa-sisa uang kebutuhan sehari-hari, percayalah Anda tidak akan mempunyai uang untuk ditabung sama sekali.

5. Buat Laporan Keuangan Harian

Jangan lupa simpan struk belanja setiap kali Anda selesai berbelanja. Lalu, catatlah pengeluaran setiap harinya. Ini dapat membantumu mengetahui kemana saja uang yang Anda gunakan selama ini.

Juga dapat membantu Anda memilih barang-barang apa saja sebenarnya yang tidak harus Anda beli kedepannya. Anda harus menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan.

4 dari 6 halaman

6. Miliki Dua atau Lebih Rekening Bank

Anda bisa menggunakan dua rekening bank yang berbeda. Hal ini dilakukan karena bisa membantu Anda mengelola uang bulanan.

Anda bisa menggunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan rekening lain bisa Anda gunakan khusus untuk menabung, sehingga jika Anda hanya mempunyai satu rekening. Rekening Anda khusus untuk menabung tidak akan terganggu.

7. Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit akan sangat membantu jika Anda memakainya dengan bijak dan cerdas. Anda bisa menggunakannya dengan memanfaatkan promo-promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang Anda butuhkan.

Nah, jangan lupa juga untuk melunasi tagihan kartu kredit Anda ketika menerima tagihannya, ya. Jangan berpikir bahwa Anda bisa menggunakan kartu kredit kapan saja, itu justru akan menjadi senjata untuk Anda sendiri.

Jika sering menggunakan kartu kredit, maka secara otomatis tagihan Anda akan menumpuk. Sudah pasti gaji Anda akan hanya numpang lewat saja.

5 dari 6 halaman

8. Sisihkan Untuk Investasi

Setelah Anda menyisihkan gaji untuk ditabung dan kebutuhan sehari-hari, jika masih mempunyai dana lebih. Gunakan dana tersebut untuk berinvestasi dengan ikut asuransi, membeli emas atau perhiasan dengan nilai jual yang tinggi.

Tentu berinvestasi berbeda dengan menabung, jika menabung Anda bisa mengambilnya kapan saja, berbeda dengan investasi. Anda tidak bisa mengambil sesuai dengan keinginan. Berinvestasi akan memberikan keuntungan dimasa yang akan datang.

9. Lakukan Perbandingan Antara Anggaran dengan Pengeluaran

Jika diawal Anda sudah menyusun rencaan keuangan yang jelas, tentu Anda sudah dapat mengira-ngira berapa uang yang akan Anda pakai dalam satu bulan.

Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui apakah pengeluaranmu sudah cocok dengan anggaran yang Anda buat atau belum. Jika pengeluaran melebihi dari anggaran yang Anda buat, itu tandanya Anda harus menekan lagi angka pengeluaran.

6 dari 6 halaman

10. Bawa Uang Cash Secukupnya

Dengan membawa uang cash secukupnya akan membuat Anda berpikir ulang ketika ingin membeli berbagai macam barang.

Bawa uang secukupnya, kemudian Anda bisa mengisinya lagi ketika benar-benar uangmu sudah habis di dalam dompet. Cara ini cukup ampuh dilakukan, terlebih lagi untuk Anda yang malas bolak-balik ke ATM untuk mengambil uang cash. Yang ada malah uang Anda utuh dan tidak lagi boros.

Terapkan Gaya Hidup Hemat dalam Hidup

Selain pentingnya cara kelola gaji bulanan, Anda juga harus menerapkan gaya hidup hemat. Karena jika Anda sudah mengelola gaji dengan baik, tetapi Anda masih boros semua tentu akan percuma.

Anda harus menekan keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak begitu Anda perlukan. Juga, Anda harus mengurangi jadwal nongkrong atau hangout dengan teman.

Anda juga harus bijak dalam menggunakan gaji bulanan, dahulukan yang menjadi prioritas. Jangan gampang tegoda dengan tawaran diskon yang ada.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda bijak dalam menggunakan gaji bulanan, ya!

Loading
Artikel Selanjutnya
Terkait Formula E, Jakpro Targetkan Pengaspalan di Monas Selesai 1 Bulan
Artikel Selanjutnya
Harga Sewa Kantor Premium di Jakarta Masuk Peringkat Termahal di Dunia