Sukses

BERITA TERKINI:DETIK-DETIK PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Ada Formula Harga BBM Baru, Harga Avtur Bakal Turun?

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian ESDM saat ini tengah menunggu laporan harga avtur terbaru dari PT Pertamina (Persero) setelah adanya penyesuaian yang membatasi margin (keuntungan) maksimal 10 persen.

Seperti diketahui, formula pengaturan harga BBM jenis avtur mengalami pembaruan melalui kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri ESDM, Igansius Jonan pada 1 Februari 2019 lalu.

Direktur Hilir Minyak dan Gas Kementerian ESDM, Muhammad Rizwi Jilanisaf Hisjam mengatakan, laporan tersebut akan diserahkan oleh Pertamina dalan kurun waktu satu minggu ke depan.

"Harusnya minggu-minggu ini. Iya, harusnya mereka segera laporkan. Saat ini baru SPBU dan SPBN. Saya kira dalam waktu dekat mereka akan serahkan juga ke ESDM untuk avtur, kan SK-nya (Surat Keputusan) sudah keluar," kata Rizwi, di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (10/2).

Formula baru penentuan harga avtur tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 17 K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Avtur yang Disalurkan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara yang berlaku setelah tanggal ditetapkan.

"Kalau belum laporkan juga, kita akan suratin mereka untuk lapor. Iya (minggu-minggu ini)," ujarnya.

Pembatasan margin maksimal 10 persen ke Pertamina adalah untuk merespons harga tiket pesawat yang mahal di awal tahun ini.

Menurut Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) avtur menyumbang 40-45 persen beban operasional pesawat terbang.

"Nanti kita cek ulang dari INACA. Kalau dari sisi Pertamina, komposisi saya (avtur) cuma pengaruhi 23 persen dari harga tiket. Tapi kita harus cross check lagi. Dari kami dapat infonya cuma 23 persen. Tugas kita kan mengevaluasi perkembangan harga kita antisipasi. Salah satunya itu adalah iya (pertimbangan INACA). Tapi kalau hasil konfirmasi kami (dari Pertamina), harga tiket pesawat itu komponen bahan bakar itu hanya meliputi 23 persen dari biaya operasional maskapai. Tapi nanti kita cek ulang dari INACA," ujarnya.

harga avtur di Indonesia masih kompetitif dengan negara lain, yaitu berada di tengah-tengah ke bawah. Sementara Singapura masih menjadi negara yang menjual avtur cukup murah di dunia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Harga BBM Pertamina, Shell dan Total, Mana yang Paling Murah?
Artikel Selanjutnya
Harga BBM di Wamena Tembus Rp 80 Ribu per Liter Usai Kerusuhan