Sukses

Kemenkeu Tawarkan Sukuk Tabungan-003, Apa Saja Keuntungannya?

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara resmi menjual instrumen Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel kepada investor individu secara online (e-SBN), melalui penawaran instrumen sukuk negara tabungan seri ST-003.

Sukuk ini dapat dimiliki mulai dari Rp 1 juta hingga maksimal sebesar Rp 3 miliar. Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Luky Alfirman mengungkapkan, ada beberapa keuntungan berinvestasi pada ST-003.

Salah satunya pokok dan imbalan telah dijamin oleh negara, Tingkat imbalan ini kompetitif lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN.

"Imbalan bersifat mengambang mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate dengan jaminan imbalan minimal floor sebesar 8,15 persen per tahun," kata Luky dalam Launching Sukuk Tabungan Seri ST-003, di Jakarta, Jumat (1/2/2019). 

Luky menambahkan, keuntungan lain investasi di sukuk ini adalah imbalan akan dibayar setiap bulan. Kemudian early redemption cost juga tidak dikenalan biaya oleh pemerintah. Selain itu, para investor, juga dapat secara langsung mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

"Kalau di sini kita bisa membangun dalam negeri. Jadi dengan investasi bisa ikut pembangunan dalam negeri. Poinya insya Allah instrumen ini menarik peluang, untuk bisa ikut berpartisipsi untuk kita membangun dalam negeri," kata dia.

Di sisi lain, sukuk negara tabungan ST-003 ini dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

2 dari 2 halaman

Masa Penawaran

Seperti diketahui, pembukaan masa penawaran seri ST-003 dilakukan mulai hari ini 1 Febuari. Selanjutnya, penutupan masa penawaran dilakukan pada 20 Febuari mendatang.

Penetapan hasil penjualan akan dilakukan pada 25 Januari dan settlemen pada 27 Febuari. Sementara itu, tingkat imbalan atau kupon untuk periode pertama pada 7 Februari hingga 10 Mei 2019 adalah sebesar 8,15 persen.

Tingkat imbalan berasal  dari tingkat imbalan acuan yang berlaku pada saat penetapan imbalan atau kupon yaitu sebesar 6,00 persen ditambah spread tetap sebesar 215 bps (2,15 persen).

Adapun proses pemesanan pembelian ST-003 secara online dilakukan melalui 4 tahap, yakni registrasi atau pendaftaran, pemesanan, pembayaran dan setelmen.

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan mitra distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Airlangga Tunjuk Bamsoet Jadi Wakil Ketum Golkar
Artikel Selanjutnya
DPRD DKI Usul Dana Parpol Naik Jadi Rp 27 Miliar