Sukses

Tiru Cara Pandang Pengusaha Startup untuk Sukses Berkarier

Liputan6.com, Jakarta Memulai sesuatu tidak selalu semudah yang dibayangkan. Sama halnya seperti bangun tidur di pagi hari yang membutuhkan sedikit perjuangan agar segera beranjak dari tempat tidur.

Jika ingin memulai sesuatu, lakukan dengan tulus untuk menuai hasil yang maksimal, termasuk saat membuka bisnis atau meniti karier di sebuah perusahaan tempat bekerja.

Lalu, cara pandang seperti apa sih, yang wajib ditiru dari para pengusaha startup yang bikin Anda sukses berkarier? Simak ulasan berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tahu Apa yang Harus Dikerjakan

Rutinitas sehari-hari tidak hanya bangun tidur, mandi, dan makan saja, tetapi juga bekerja untuk memajukan karier dan keberlangsungan hidup yang lebih baik.

Nah, para pengusaha startup sukses ini tahu apa saja yang harus dikerjakan setiap hari, sehingga waktu yang dimiliki tidak terbuang secara percuma.

Jadi, sehari sebelum hari baru dimulai, Anda harus menentukan target yang ingin dicapai setiap hari. Tak hanya target jangka pendek, tapi juga menetapkan target jangka panjang. Target inilah yang akan memotivasi Anda untuk menjadi lebih baik setiap hari.

2 dari 4 halaman

2. Memahami Alur dengan Baik

Sama seperti ketika ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, di mana Anda harus mendaftar, melakukan verifikasi data, hingga akhirnya diterima menjadi mahasiswa baru di universitas yang diinginkan.

Untuk meningkatkan karier, tentu Anda juga harus tahu hal-hal dasar mengenai apa yang Anda jalani. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah jaringan.

Bangun jaringan seluas-luasnya dan terus meningkatkan kemampuan diri. Cepat atau lambat, Anda pasti akan menemukan partner berbisnis yang tepat demi kemajuan usaha yang digeluti saat ini, atau pun mencapai peningkatan karier yang signifikan.

3. Don’t Think Too Much!

Selain itu, para pengusaha startup ini juga selalu merancang strategi berbisnis sebaik mungkin untuk menghindari kesalahan yang mengakibatkan kegagalan. Namun ingat, jangan kebanyakan berpikir apalagi jika tidak mendatangkan hasil.

Selain menguras waktu, juga menguras energi dan mungkin uang yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Untuk itu, membekali diri dengan ilmu yang memadahi agar karier atau bisnis bisa berjalan lancar sangat dibutuhkan, karena tantangan dan halangan selalu membayangi.

3 dari 4 halaman

4. Menjadi Sosok yang Berbeda

Jadilah orang yang berbeda, artinya tidak sama dengan orang lain selama hal itu sifatnya positif. Apabila orang lain membuka bisnis kuliner, Anda bisa membuka bisnis lain yang peluang bisnisnya tidak kalah bagus, seperti bisnis pakaian atau jasa laundry.

Bila Anda meniti karier di sebuah perusahaan, tunjukkan bahwa Anda sebagai karyawan yang berprestasi. Sehingga Anda benar-benar berbeda dari pekerja lainnya karena keterampilan yang Anda punya.

5. Bermimpilah Setinggi-tingginya

Mungkin sebagian orang menyuruh Anda untuk tidak terlalu banyak bermimpi agar tidak sakit hati atau stres apabila mimpi tersebut tidak tercapai. Padahal, mimpi-mimpi itu akan membawa Anda ke gerbang kesuksesan.

Melalui mimpi, mindset atau pola pikir Anda akan ikut berubah sesuai dengan apa yang dimimpikan. Sehingga hal-hal yang kelihatan mustahil sekalipun dapat terwujud.

Bahkan, mimpi akan membuat gairah hidup semakin bertambah. Anda yang dahulunya bermalas-malasan akan berubah menjadi orang rajin demi meraih mimpi yang sudah tersirat di dalam kepala.

4 dari 4 halaman

6. Jangan Dengarkan Kata Orang

Orang lain meremehkan mimpi-mimpi Anda? Jangan diambil pusing, biarkan orang lain melakukan apapun yang mereka suka, sementara Anda tetap fokus untuk meraih mimpi. Semakin Anda diragukan oleh orang lain, maka semakin besar gairah untuk terus maju demi mewujudkan mimpi.

Apa yang dikatakan orang lain kadang-kadang ada benarnya, tetapi keputusan ada di tangan Anda. Jika Anda kurang setuju dengan perkataan orang lain, dengarkan kata hati nurani dan segera ambil keputusan yang paling tepat.

7. Just Do It!

Jika sudah mengetahui apa yang harus dikerjakan, kerjakan sekarang juga tanpa harus menunda-nunda waktu lagi. Perlu diingat, hidup ini terlalu singkat untuk hal-hal yang tidak mempunyai manfaat.

Usahakan agar setiap jarum jam yang berputar menghasilkan sesuatu untuk perkembangan bisnis Anda di kemudian hari.

Tuliskan kegiatan apa yang akan dilakukan hari ini, hari esok, dan seterusnya. Tuliskan secara berurutan lengkap dengan waktu dan tanggal agar semuanya terkoordinasi dengan baik.

Kesuksesan Ada di Tangan Anda

Jika suatu hari Anda merasa putus asa, ingatlah semua mimpi yang ingin dicapai agar semangat Anda kembali menyala seperti api.

Jika bukan Anda yang menyemangati diri sendiri, siapa lagi? Sebab orang lain sama sekali tidak bertanggung jawab atas mimpi Anda, tetapi Anda punya tanggung jawab besar untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.