Sukses

3 Tips Sukses Jadi Pekerja Lepas Profesional

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun kesulitan bekerja sebagai freelancer penuh waktu, itu tidak lebih atau kurang menantang daripada usaha wirausaha lainnya.

Anda perlu tahu bagaimana berhasil memasarkan diri sendiri dan mengembangkan basis klien Anda.

Dikutip dari Laruno.id, berikut ini beberapatips sukskes sebagai pekerja lepas profesional:

1. Bangun kehadiran online Anda

Ketika Anda melamar posisi freelance, hal pertama yang akan dilakukan klien potensial adalah meneliti pekerjaan Anda di masa lalu. Pastikan mereka menemukan sesuatu yang berharga dengan mempertahankan keberadaan online yang kuat.

Yang paling penting dari semua platform adalah situs web Anda sendiri. Termasuk contoh pekerjaan Anda sebelumnya, informasi kontak dan testimonial. Bergantung pada bidang Anda, mungkin juga bermanfaat untuk aktif di platform media sosial, seperti Instagram dan halaman Facebook.

2 dari 3 halaman

2. Fokus pada klien terbaik Anda

Ketika Anda pertama kali memulai sebagai pekerja lepas, bukanlah ide yang buruk untuk mengambil pekerjaan sebanyak mungkin untuk membangun portofolio dan jaringan dengan potensial Anda. Tetapi setelah Anda menetapkan diri, Anda dapat menjadi lebih selektif tentang klien yang Anda ambil.

Itulah mengapa sangat penting untuk menerima klien, atau mereka yang menugaskan pekerjaan tetap dan teratur. Berkontribusi melaporkan bahwa klien adalah bagian penting dari pertumbuhan dan perluasan penghasilan Anda sebagai pekerja lepas.

3 dari 3 halaman

3. Jaringan dan pertahankan hubungan

Dalam bisnis apa pun, berbicara dari mulut ke mulut sering kali merupakan cara terbaik untuk menghasilkan prospek baru. Ketika hubungan kerja Anda dengan klien berakhir, tetaplah berhubungan dan menjangkau dari waktu ke waktu.

Jika Anda berada dalam beberapa bentuk perdagangan freelance media, penting untuk mengetahui bahwa klien Anda dapat dengan mudah beralih pekerjaan.

Misalnya, jika Anda seorang penulis freelance, editor sering beralih ke publikasi baru. Freelancing memberi Anda kesempatan untuk bekerja secara langsung dengan seseorang daripada bisnis sepanjang kariernya.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar: https://laruno.id/rangkuman-fr-mp

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Ide Bisnis Anda Siap untuk Dibiayai Investor
Artikel Selanjutnya
Kenapa Anda Harus Berinvestasi untuk Cari Duit Tambahan?