Sukses

Bangun Ribuan Jembatan, Menteri PUPR Tak Ingin Ada Anak Sekolah seperti Indiana Jones

Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 164 jembatan gantung dan pada 2019 ini direncanakan bakal ada 166 jembatan baru lagi yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jembatan gantung yang menghubungkan antar desa sangat dibutuhkan masyarakat. Ini terutama untuk menggantikan jembatan berinfrastruktur minim atau yang kerap disebut sebagai Jembatan Indiana Jones.

Menurut catatannya, Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 164 jembatan gantung dan pada 2019 ini direncanakan bakal ada 166 jembatan baru lagi yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air.

"Masih dibutuhkan ribuan jembatan gantung agar tidak ada lagi jembatan Indiana Jones di Indonesia. Kita harapkan ke depan tidak ada lagi anak-anak sekolah yang bergelantungan seperti Indiana Jones," kata Menteri Basuki dalam keterangan resmi, Senin (14/1/2019).

Sebagai contoh, dia menerangkan, dua jembatan gantung yang dibangun di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur pada 2018 lalu telah rampung dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Jawa Timur-Bali.

Jembatan gantung tersebut yakni Banjarsari II dan Kendungbendo. Keduanya dibangun menggantikan jembatan antar-desa yang hanyut diterjang banjir besar yang terjadi pada 28 Desember 2017.

 

Adapun Jembatan Gantung Banjarsari II dan Kendungbendo dibangun dengan panjang masing-masing 120 meter dan lebar 1,8 meter. Pembangunan kedua jembatan dilakukan dalam satu paket kontrak dengan total biaya sebesar Rp 6,08 miliar yang bersumber pada APBN 2018.

Masa konstruksi dimulai sejak Agustus 2018 dan rampung pada Desember 2018 dengan kontraktor PT Cahaya Agung Perdana Karya. Konstruksi yang digunakan tipe rigid dan hanya dapat dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

Keberadaan jembatan gantung sangat membantu masyarakat karena geografis wilayah Indonesia yang memiliki banyak gunung, lembah dan sungai. Secara fisik, kondisi ini terkadang memisahkan lokasi tempat tinggal penduduk dengan berbagai fasilitas pelayanan publik seperti sekolah, pasar, dan kantor pemerintahan.

"Penyusunan jembatan gantung dirancang secara matang, mulai dari pemilihan material hingga penerapan teknologi yang berkualitas. Penggunaan material jembatan gantung seperti baja, kabel, dan baut juga menggunakan produk lokal dalam negeri yang dibuat di Indonesia," jelas Menteri Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini