Sukses

KTA vs Kartu Kredit, Mana yang Lebih Baik?

Berikut perbedaan antara KTA dan Kartu Kredit yang perlu Anda ketahui sebelum memilih salah satu di antara keduanya.

Liputan6.com, Jakarta Wahyu merupakan seorang karyawan yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta. Bekerja di perusahaan tersebut, dia mendapatkan gaji yang bisa dibilang pas-pasan. Padahal, dengan kebutuhan yang harus dipenuhi, idealnya harus memiliki pendapatan lebih dari itu.

Namun, Wahyu tidak sendirian. Masih banyak para pekerja lainnya yang memiliki pengalaman serupa dengannya, yakni gaji pas-pasan, kebutuhan banyak.

Saat membutuhkan dana segar yang suatu keperluan mendesak, maka fasilitas kredit atau pinjaman menjadi solusi tepat untuk dipilih.

Ada banyak pilihan untuk mendapatkan pinjaman, mulai dari kartu kredit, KTA, Kredit Multi Guna (KMG), hinggan pinjaman online, dan lainnya.

Nah, bagi Anda yang tertarik atau bingung ingin memilih pinjaman dari kartu kredit atau KTA, ketahui perbedaan keduanya sehingga pilihan Anda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Bagaimana caranya? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut perbedaan antara KTA dan Kartu Kredit yang perlu Anda ketahui sebelum memilih salah satu di antara keduanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KTA

Kredit tanpa agunan (KTA) merupakan jenis pinjaman yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan pinjaman uang tanpa perlu menjaminkan aset yang dimiliki.

Dengan kata lain, Anda hanya perlu memenuhi syarat-syarat adiminstrasi, seperti dokumen, alamat yang jelas, dan penghasilan tetap untuk bisa mendapatkan pinjaman dari bank.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan KTA?

- KTA Bisa Jadi Dana Instan dan Jumlah Besar

Jika Anda membutuhkan dana segar dalam jumlah cukup besar dan cepat cair, maka KTA bisa menjadi pilihan. Biasanya KTA juga lebih cocok digunakan sebagai modal usaha.

- KTA Punya Bunga Relatif Tinggi

Namun, dibalik kemudahan yang ditawarkan, KTA memiliki suku bunga yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis kredit lainnya. Oleh sebab itu, pertimbangkan baik-baik sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan fasilitas KTA ini.

3 dari 4 halaman

Kartu Kredit

Selain KTA, kartu kredit adalah jenis pinjaman lainnya yang banyak diminati oleh masyarakat. Bagaimana tidak? Dengan memiliki kartu “sakti” ini, Anda bisa melakukan berbagai transaksi non tunai untuk berbagai keperluan, mulai dari berbelanja kebutuhan sehari-hari, hingga membeli barang elektronik, semisal smartphone, televisi, mesin cuci, dan lain-lain.

Lalu, apa kelebihan dan kekurangan kartu kredit?

- Kartu Kredit Banyak Promonya

Terlebih lagi, para pengguna kartu kredit biasanya makin diuntungkan dengan promo-promo, seperti point rewards dan diskon belanja di merchant-merchant tertentu.

Tak ketinggalan, kartu kredit pun kini bisa digunakan untuk melakukan penarikan uang tunai layaknya kartu debit. Namun promo-promo ini kerap membuat orang menjadi tergoda untuk terus berbelanja.

- Kartu Kredit Bunganya dan Penarikan Tunai Jumlahnya Lebih Kecil

Bunga yang ditawarkan dalam kartu kredit umumnya lebih kecil. Namun, jumlah uang tunai yang bisa ditarik pun lebih kecil. Akan tetapi, jika Anda sedang mendadak butuh uang, maka bisa cepat tarik tunai di mesin ATM.

4 dari 4 halaman

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Nah, setelah Anda mengetahui apa perbedaan dari KTA dan kartu kredit, pastinya sudah ada gambaran mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini?

Jika Anda sedang berencana untuk membuka bisnis, atau ada keluarga yang ingin berobat ke rumah sakit, mungkin KTA bisa jadi solusinya.

Namun, jika Anda hendak membeli barang elektronik baru atau ingin menikmati promo di supermarket, maka kartu kreditlah pilihannya.

Satu hal yang perlu diingat, pakailah seperlunya dan jangan lupa untuk bersikap disiplin dalam melunasi tagihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini